Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Cara Mencairkan Tabungan Rencana Mandiri / TRM Sebelum Jatuh Tempo

May 09, 2020 Ajengmas 83 Comments Category : ,

cara-mencarikan-tabungan-rencana-mandiri-sebelum-jatuh-tempo

Penjelasan dari TRM atau Tabungan Rencana Mandiri saya kutip dari laman resmi Bank Mandiri ya. Jadi TRM ini semacam tabungan yang ada jangka waktu penyimpanannya. Pada saat sudah masa jatuh tempo, TRM akan cair secara otomatis dan langsung masuk ke rekening utama akun Mandiri-mu. Untuk informasi lebih detil tentang apa itu Tabungan Rencana Mandiri, kamu bisa akses di sini. Kalau dari situsnya, ini penjelasannya :

Mandiri Tabungan Rencana (MTR) adalah tabungan berjangka dengan setoran bulanan dan jangka waktu fleksibel sesuai kebutuhan nasabah serta fasilitas autodebet sehingga nasabah dapat mempersiapkan dan mewujudkan rencana masa depannya.

Beberapa waktu lalu untuk pertama kalinya saya mencoba mencairkan TRM sebelum masa jatuh tempo. Proses pencairannya nggak terlalu ribet dan nggak butuh waktu lama. Tapi memang ada prosedur yang harus dilalui. Nah, untuk mencairkan TRM ternyata ada 2 pilihan yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan, yaitu pencairan dana sebagian atau pencairan dana seluruhnya (dengan melakukan pembatalan TRM). Selanjutnya saya akan infokan langkah-langkah pencairan TRM sebelum jatuh tempo dan beberapa hal yang kamu siapkan.

Syarat Utama: Sertifikat TRM

Sebelum memproses pencairan dana TRM, kita wajib dapetin dulu Sertifikat TRM. Sertifikat ini hanya bisa diambil di Bank Mandiri (semua cabang). Pengambilannya nggak harus di cabang tempat kamu buka rekening kok, bisa di Bank Mandiri mana aja, jadi meskipun posisimu lagi di luar kota bisa juga kok datang ke Bank Mandiri cabang di kota tersebut. Di sertifikat ini ada nomor sertifikat yang bakal kamu butuhkan pada saat memproses pencairan TRM. Kalau kamu melakukan pendaftaran TRM melalui aplikasi Mandiri Mobile, tetep harus minta hardcopy sertifikatnya ke bank. Untuk proses permintaan sertifikat TRM ini, ada dua hal yang harus kamu siapkan, yaitu KTP dan buku tabungan Mandiri. Itu semua wajib dibawa sebagai syarat bukti data diri.

1 - Pencairan Sebagian Dana TRM

Jadi ternyata untuk pencairan TRM itu bisa dicairkan sebagian atau seluruhnya (dengan melakukan penutupan/pembatalan rekening TRM). Tapi, ada syarat dan ketentuannya. Untuk pencairan sebagian dana, maksimal hanya bisa dicairkan 30% dari jumlah nominal tabungan yang ada di TRM dengan jumlah biaya administrasi hanya Rp 10,000 (ini info yang saya dapatkan dari CS kemarin, tapi jumlah ini bisa jadi akan berubah sewaktu-waktu). Proses pencarian sebagian dana TRM ini hanya bisa dilakukan satu kali saja ya. Proses pencairan dana sebagian TRM ini sepertinya hanya bisa dilakukan di bank, karena kalau saya lihat di aplikasi Mandiri Online, tidak ada menu untuk pencairan sebagian dana, yang ada hanya pembatalan rekening TRM saja.

2 - Penutupan/Pembatalan Rekening TRM?

Kalau ternyata kebutuhan mengharuskanmu buat melakukan pencairan semua dana yang ada di Tabungan Rencana Mandiri, berarti kamu harus memproses pembatalan rekening TRM. Proses pembatalan rekening TRM bisa dilakukan di bank, via aplikasi Mandiri Mobile, dan via internet banking. Tapi kali ini yang akan saya share gimana caranya pembatalan TRM melalui aplikasi Mandiri Mobile saja, udah lupa juga sih soalnya login ke internet banking 😅 saking lamanya nggak pernah diakses lagi.

Memproses Pencairan Via Mandiri Mobile

Setelah sertifikat TRM sudah di tangan, langkah selanjutnya tinggal memproses pencairan melalui aplikasi Mandiri Mobile. Langkah-langkahnya sama sekali nggak ribet dan uang yang kamu cairkan bisa langsung masuk seketika ke rekening utama, less than 5 minute, I think.
  1. Login ke aplikasi Mandiri Mobile
  2. Ada kolom Mandiri Tabungan Rencana di bagian bawah
  3. Klik tombol 3 titik yang ada di sebelah kanan akun rekening TRM
  4. Pilih Pembatalan Mandiri Tabungan Rencana
  5. Selanjutnya akan tampil informasi jumlah saldo beserta biaya administrasi yang akan mengurangi jumlah nominal ketika proses pembatalan rekening TRM diproses
  6. Isikan prefiks sertifikat dengan 2 huruf yang ada di depan nomor sertifikat TRM
  7. Isikan nomor sertifikat (tanpa prefiks)
  8. Pilih rekening mana yang akan menjadi tujuan transfer (rekening ini nantinya yang akan bertambah saldonya)
  9. Voila! Jika status berhasil, seharusnya saldo TRM sudah masuk seketika 😉

Screenshot Pencairan TRM Via Mandiri Mobile

Ini preview tampilan laman aplikasi Mandiri Mobile yang akan kalian akses ketika memproses pembatalan rekening Tabungan Rencana Mandiri. Bisa dilihat ya kalau disana nggak ada pilihan untuk mencairkan dana sebagian, hanya ada pilihan menu untuk pembatalan rekening.

cara-cairkan-tabungan-rencana-mandiri-trm-sebelum-jatuh-tempo
🔍 Klik gambar untuk memperbesar

Semoga tulisan ini bisa membantu temen-temen yang butuh informasi seputar pencairan Tabungan Rencana Mandiri. Prosesnya mudah, hanya saja di awal ada ketentuan yang mengharuskan kita untuk tetap datang ke bank minta surat sertifikat buat dapetin nomor sertifikatnya. Selamat mencoba 😉

RELATED POSTS

83 comments

  1. Kalau TRM aku malah nggak pernah ambil sertifikat mbrooo..
    Sejauh ini daftar-cairin langsung lewat Mandiri Mobile App, wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk, Andah sungguh tertib dan sabar menanti TRM meleleh sendiri ke rekening 🤣

      Delete
    2. Kalo untuk pengambilan sertifikatnya itu bilangnya gmna kak 😅

      Delete
    3. Dateng ke CS, tinggal bilang aja kalau mau memproses pengambilan sertifikat untuk Tabungan Rencana Mandiri 😁

      Delete
    4. Kalau syarat pengambilan sertifikat TRM itu tadi kan kakak bilang bawa ktp sama buku tabungan.. nah buku tabungan utama atau TRM ya ?? Soalnya q buatnya online
      Makasih kak

      Delete
    5. Halo, yang dibawa buku tabungan rekening utama ya 😁 kan kalau TRM nggak ada buku tabungannya, kalau TRM hanya ada sertifikat ajah.

      Delete
  2. Kalau boleh tau kena biaya penalti&potongan berapa mba total dari saldo TRM? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya kemarin rinciannya: Biaya Penalti Rp150,000 + Biaya Rp5,000. Sepertinya untuk 2 biaya tersebut sama jumlah untuk nominal saldo berapapun.

      Delete
    2. Kalau untuk yang baru nih mba mau di batalin, di potong juga 150 rb ?
      Sedangkan saldo masih 100rb , mohon penjelasannya mba terimakasih

      Delete
    3. Kalau saldo TRM kurang dari 150ribu, nggak kena biaya administrasi 150rb misalkan mau dibatalkan 😁

      Delete
  3. Minta pencerahannya barusan sy coba tp gagal terus.prefix no sertifikasi apa? Pas mau di tarik via m-bank gagal terus ga bisa. Hrus mengisi prefix nomer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo 😊 nomor prefiks itu ada di sertifikat TRM. Nah, sertifikat TRM hanya bisa diperoleh di Bank Mandiri. Jadi, jika ingin memproses pencairan TRM sebelum masa jatuh tempo, wajib ngurus sertifikatnya dulu di bank yah.

      Delete
    2. Maaf, ada yang kurang yah jawabannya ✌️ Nomor prefiks itu 2 huruf di nomor sertifikat yang ada di paling depan

      Delete
  4. No prefiks yg mana ya. Yg di sertifikat itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, betul sekali, yang ada di sertifikat. Nomor sertifikat kan terdiri dari 2 huruf & 6 digit angka. Nomor prefiks adalah 2 huruf yang di depan sebelum angka.

      Delete
  5. Kena potongan 15% itu engga ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini rincian biaya-biaya yang harus saya bayarkan kemarin :
      - Biaya administrasi : Rp 150,000
      - Biaya : Rp 5,000

      Saya nggak melihat ada rincian potongan 15% sih kemarin 🧐

      Delete
  6. Kalo saya udah punya 3 tabungan rencana mandiri kok pas buka tinggal 2 TRM nya. Saya juga minta 1 tahun tapi jatuh temponya 3 juni 2022 berarti saya harus nunggu 3 tahun ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sinta 😊 trimakasih sudah mampir ke blog ini.

      Untuk case yang ditanyakan, sebaiknya perlu dipastikan ditanyakan ke Bank Mandiri yah.

      Kalau dari analogi saya, 1 rekening TRM itu punya masa jatuh tempo sendiri-sendiri, sehingga misalkan Sinta punya lebih dari satu TRM, maka masing-masing TRM tersebut ya akan punya tanggal jatuh temponya sendiri-sendiri, nggak saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Semoga membantu menjawab yah. Tapi sekali lagi, pastikan lagi ke CS Bank Mandiri yaa.

      By the way, saya malah nggak tau ternyata 1 rekening utama bisa dipakai untuk lebih dari 3 TRM 😄

      Delete
  7. Bisa kok 1 rekening utk beberapa TRM

    ReplyDelete
  8. Hii mau tanya kk,bila pengajuan TRM tgl 10 juli maka jatuh tempo saya dibulan juli 2020 atau agst 2020 ya k,mohon infonya,trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga 😊 tanggal jatuh tempo TRM itu yang saya tau sama dengan tanggal ketika kita melakukan pengajuan TRM. Jadi, misalkan pengajuannya tanggal 10 Juli 2019 dan TRM-nya kita setting untuk 1 tahun periode, berarti tanggal jatuh temponya 10 Juli 2020.

      Delete
  9. Berarti kalau pembatalan TRM berarti saldo TRM nya lagi ke saldo mandiri utama atau hangus ga bisa diambil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Proses pembatalan TRM itu misalkan saldonya masih ada (setelah dikurangi untuk bayar biaya-biaya) nantinya akan secara otomatis ketransfer ke rekening utama.

      Sebenernya pembatalan TRM itu kan semacam mencairkan lebih cepat saldo TRM ke rekening utama sebelum masa jatuh temponya 😁

      Delete
  10. Aku pernah tidak mendebet uang dari rekening utama ke TRM sekali karna waktu itu saldo ku kurang, pertanyaannya apakah bisa diganti lain waktu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Saifus, terimakasih sudah mampir ke blog ini 😊 Berarti pernah gagal setor ya? Setau saya nanti ketika ada gagal bayar, secara otomatis akan ditagihkan ke bulan berikutnya kalau saldo di rekening utama mencukupi.

      Nah, yang perlu dipastikan nih, saya nggak tau apakah ada batasannya maksimal boleh gagal setor berapa kali, dan apakah ada dendanya atau nggak jika mencapai batas maksimal tersebut 😅

      Delete
  11. Bagaimna carany cek apakh kita masih puny saldo karn saya tidak tahu berapa kali telat untuk membyarkan tabungan berjangka itu .. saya membuat tabungn berjangka juli 10 2019 dn sekrng sdh 1 tahu tetpi sya tidak membayar setoran beberap x sya lupa apakah solusinu bu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya coba jawab satu persatu yaa 😁

      1. Bagaimna carany cek apakh kita masih puny saldo karn saya tidak tahu berapa kali telat untuk membyarkan tabungan berjangka itu

      Jawab -- Ini saldo yang dimaksud saldo yang di mana ya? Tabungan Rencana Mandiri itu kan defaultnya salah satu sumber pemasukannya dari rekening utama Mandiri kita. Kalau mau cek saldo rekening utama Mandiri bisa melalui ATM, Aplikasi Mandiri Online, Internet Banking, atau datang langsung ke bank.

      Tapi kalau yang dimaksud adalah saldo TRM-nya, bisa lewat Aplikasi Mandiri Online, Internet Banking, atau datang langsung ke bank ditanyakan ke Customer Service.

      2. saya membuat tabungn berjangka juli 10 2019 dn sekrng sdh 1 tahu tetpi sya tidak membayar setoran beberap x sya lupa

      Jawab -- Sayangnya di aplikasi Mandiri Online saat ini masih belum ada fitur untuk melihat history transaksi uang masuk ke TRM, sehingga untuk mengetahui berapa kali sudah tidak setor ke TRM, perlu ditanyakan langsung ke CS di Bank Mandiri. Jangan lupa untuk bawa identitas KTP dan buku tabungannya ya 😊

      Delete
  12. Halo ka diawal kan kita sudah di kasih sertifikat sama bank nya.. apakah kalau mau diambil sebelum waktunya harus ambil lg sertifikat trm atau cukup yg awal pas dapet?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo halo Rudy 😊 owh kalau sudah punya sertifikatnya, ndak perlu minta lagi ke bank. Sertifikat TRM hanya ada 1 untuk 1 rekening TRM. Di sertifikat itu coba dilihat di sebelah kiri atas, ada nomor sertifikatnya, itu disimpan saja untuk besok jika mau dipakai untuk melakukan pencairan sebelum masa jatuh tempo.

      Delete
  13. Kalau sertifikatnya ilang gimana ya mba? Dan saya sudah diluar lota

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😱 Waduuuh, hmm kalau sertifikatnya hilang, dan pengen melakukan pencairan sebelum masa jatuh tempo, berarti perlu dateng ke bank biar bisa dibantu CS Bank Mandiri.

      Atau sabar menanti saja berarti, sampai masa jatuh tempo habis, nanti kan TRM juga tetep otomatis cair ke rekening utama meskipun sertifikatnya hilang 😁

      Delete
  14. Seandainya pihak pertama (pemilik TRM) lagi sibuk,bisa gak diwakili utk pengambilan sertifikat nya ke bank mandiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Nindi, terimakasih sudah mampir 😊 Maaf sekali, saya nggak paham kalau untuk perwakilan pengambilan TRM apakah bisa atau ndak, ini harus ditanyakan ke call center Bank Mandiri.

      Tapi misalkan mau dicoba, kalau saya mungkin perlu menyiapkan surat kuasa gitu kali ya, yang menyatakan bahwa ybs bersedia untuk diwakilkan, jangan lupa juga untuk yang mau mewakili bawa identitas KTP. Mmm, buku tabungan ybs juga perlu dibawa.

      Hihi, tapi lebih baik dipastikan lagi aja ke Bank Mandirinya 😁

      Delete
    2. Mas. Saya mau nanya nih saya Uda pernah dpt sertifikat trm. Terus hilang. Saya mau nyairin saldo tem saya. Apakah harus urus dulu ke banknya atau gmn ??

      Delete
    3. Mau mencairkannya dalam waktu dekat? Kalau iya, tetep perlu ke bank untuk proseskan. Karena kalau mau via aplikasi kan tetep akan diminta nomor sertifikatnya nanti.

      Delete
  15. Punya tabungan rencana mandiri mau cek saldo tabungan udah punya m banking tp dibagian bawah menut mandiri rencana untuk pembuatan baru. Cara ceknya selain ke bank langsung apakah bisa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di bagian bawah menu aplikasi Mandiri Mobile-nya tidak muncul rekening TRM-nya ya?

      Hmm, apakah nomor rekening utama yang didaftarkan untuk TRM adalah nomor rekening yang didaftarkan Mandiri Mobile? Kalau iya, apakah sudah dicoba untuk melakukan update aplikasi Mandiri Mobilenya dengan update yang terbaru? Kalau sudah update tapi masih belum muncul juga, coba ditanyakan dulu ke call center Bank Mandiri.

      Delete
  16. Q punya TRM tenor 5th suda h berjalan 2 tahun
    Saat ini terkena dampak covid PHK
    Apakah benar kalau kita telat bayar selama 3 bulan secara otomatis saldo TRM tutup dan masuk ke rekening induk..tidak perlu ngurus sertifikat.
    Tp di keterangan saat pertama buka TRM nabung 5th secara otomatis dapet asuransi AXA.
    Pertanyaanya
    Apakah ambil TRM sebelum jatuh tempo harus pakai sertifikat sedangkan di keterangan awal max 3bulan tidak mampu bayar otomatis saldo tutup dan di transfer ke rekening induk?
    5th dpt otomatis asuransi
    AXA mandiri...apakah saldo TRM selama 2th nabung dipotong buat bayar angsuranya setelah gak mampu bayar selama 3bln (asuransi AXA) cara kerja asuransi
    ....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya coba jawab pertanyaannya satu persatu ya 😁

      1. Apakah ambil TRM sebelum jatuh tempo harus pakai sertifikat sedangkan di keterangan awal max 3bulan tidak mampu bayar otomatis saldo tutup dan di transfer ke rekening induk?

      Jawab ─ Yang saya tau, TRM akan secara otomatis ditutup apabila sudah 3 kali gagal bayar (bukan 3 bulan). Apabila ada gagal bayar sampai 3 kali maka nanti saldo di TRM akan otomatis ditransfer ke rekening utama setelah dikurangi biaya denda dan administrasi. Berarti ndak perlu ngurus sertifikat. Nah, beda cerita lagi kalau kondisinya kita yang udah nentuin pengennya TRM ditutup di waktu tertentu (kita yang mengajukan proses pencairan)

      2. AXA mandiri...apakah saldo TRM selama 2th nabung dipotong buat bayar angsuranya setelah gak mampu bayar selama 3bln (asuransi AXA) cara kerja asuransi

      Jawab ─ Untuk pertanyaan ini saya nggak paham, malah baru tau kalau kalau bisa dapet juga AXA Mandiri 😅 sebaiknya ditanyakan langsung ke Bank Mandiri.

      Delete
  17. Hallo saya mau bertanya, TRM saya periode satu tahun dan akan jatuh tempo tanggal 17/September/2020, setelah dana cair di tanggal tersebut apakah TRM otomatis selesai atau terus lanjut menarik dana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rezky 😊 Setelah masa jatuh tempo TRM tiba, dana TRM akan otomatis ketransfer ke rekening utama dan secara otomatis TRM selesai (tidak berlanjut menarik dana lagi).

      Nah, kalau selanjutnya Rezky pengen melanjutkan TRM-nya, berarti harus daftar TRM lagi. Pendaftaran TRM bisa juga melalui aplikasi Mandiri Mobile yaa 😁

      Delete
    2. Kalok dftr sekarang kak? Terus untuk pencairnya tunnggu jatuh tempo saja. Berarti tidak perlu k bank untuk ambil sertifikat?

      Delete
  18. Hallo kak..
    Info-info nya keren banget dan saya jadi lebih paham. Terimakasih 👍

    Izin bertanya Kak, jadi intinya semua uang yang udah ter setor ke TRM akan otomatis ke kirim ke rek kita kan ya kalau sudah temponya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Nina 😊 wah, syukurlah kalau bisa membantu teman-teman juga.

      Iya betul, kalau sudah masuk waktu jatuh tempo dana di TRM akan secara otomatis ketransfer ke rekening utama kamu, nggak perlu ngurus macem-macem. Terkecuali kalau kamu pengen mencairkannya sebelum masa jatuh tempo.

      Delete
  19. Mba kalau untuk yang baru bayar 1 kali, terus mau di batalin karena berubah pikiran apakah bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Winna 😊 bisa kok dibatalkan. Misalkan nominal yang sudah disetor kurang dari 150ribu setau saya nggak kena biaya administrasi yang 150rb.

      Delete
  20. Kak mau nanya kan aku udah 3x telat bayar tabungan, tapi kok sampai skrng blm d transfer ke rek utama ya? Jatuh tempo sih tgl 13,emg butuh berapa lama buat pencairan otomatis nya? ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tepatnya butuh waktu berapa lama saya kurang paham. Mungkin butuh waktu 1 periode lagi untuk memastikan di hitungan yang ke-4 kamu beneran nggak bayar, jadi baru ditransfer setelahnya.

      Delete
  21. Saya sudah baru daftar, ternyata belum autodebet. Autodebet per tanggal berapa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Melmel 😊 daftar lewat aplikasi Mandiri Online kah? kalau iya, autodebetnya seingat saya di tanggal yang sama pada saat kamu daftar, tapi ketariknya pas bulan berikutnya.

      Delete
    2. Atau di hari berikutnya, maaf saya agak lupa ✌️

      Delete
  22. Kak mau tanya saya kan buat ATM mandiri terus sekalian buat trm jangka waktu jatuh tempo berapa lm ya kak dan saya memilih nominal tabungan 100 rb 1 bln dan apabila misal tabungan ATM sy 2 jt maka apa tiap bulan di potong 100rb dr saldo 2jt itu dan bila saldo trs tdk pernah di isi uang gimana ya soalnya masih bingung kpn bakalan jatuh tempo karena tabungan sampai berapa lm nabungnya tidak saya tulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Wahyu, saya coba jawab satu persatu yah 😁

      1. Kak mau tanya saya kan buat ATM mandiri terus sekalian buat trm jangka waktu jatuh tempo berapa lm ya kak

      Jawab: Jangka waktu jatuh temponya itu tergantung kamu daftar untuk berapa lama. Minimal sih 1 tahun setelah buka rekening TRM, tapi sekali lagi itu tergantung kamu buat TRM untuk jangka waktu berapa lama. Kalau daftarnya lewat aplikasi Mandiri Mobile sih jangka waktunya otomatis untuk 1 tahun.

      2. saya memilih nominal tabungan 100 rb 1 bln dan apabila misal tabungan ATM sy 2 jt maka apa tiap bulan di potong 100rb dr saldo 2jt itu

      Jawab: Iya, betul sekali, setiap bulannya rekening utama kamu akan ditransfer secara otomatis untuk dipindahkan ke rekening TRM.

      3. bila saldo trs tdk pernah di isi uang gimana ya soalnya masih bingung kpn bakalan jatuh tempo karena tabungan sampai berapa lm nabungnya tidak saya tulis

      Jawab: Nah ini sebaiknya dipastikan dulu ke bank, tanggal berapa jatuh temponya TRM kamu. Jangan lupa bawa buku tabungan dan data diri (KTP) yan sewaktu ke bank.

      Delete
  23. 1. Kak, mandiri tabungan rencana ini kira2 sama dengan AXA ngga ya?

    2. Kalau sudah jatuh tempo, akan langsung otomatis masuk ke rekening utama kah kak atau bagaimana? Ada kemungkinan kah akan didebet lagi karna dianggap kita melanjutkan tabungannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Dinda Ega, makasih sudah mampir ke blog ini :)

      1. Kak, mandiri tabungan rencana ini kira2 sama dengan AXA ngga ya?

      Jawab: Kalau dibilang sama, saya nggak bisa jawab karena saya nggak paham juga AXA itu seperti apa T&C-nya. Yang saya tau, ketika daftar TRM sudah sekaligus dengan asuransi AXA juga.

      2. Kalau sudah jatuh tempo, akan langsung otomatis masuk ke rekening utama kah kak atau bagaimana? Ada kemungkinan kah akan didebet lagi karna dianggap kita melanjutkan tabungannya?

      Jawab: Yaps, kalau sudah jatuh tempo, saldo yang ada di TRM akan otomatis ketransfer ke rekening utama kita dan auto debetnya akan berhenti. Nggak akan didebet lagi kok kalau sudah jatuh tempo. Jika ingin melanjutkan kita diwajibkan untuk daftar lagi (tentunya akan mendapat nomor rekening TRM baru).

      Delete
  24. maaf mau nanya saya kemarin kan buat tunjangan hari tua nah uang saya dah masuk kira kira di batalin itu kepotonh berapa persen yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, ini maksudnya TRM-nya ditujukan untuk tunjangan hari tua gitu? Kalau TRM dibatalkan sebelum masa jatuh tempo, potongannya Rp 150,000 ditambah biaya lain yang nominalnya bisa jadi berbeda-beda.

      Delete
  25. Saya daftar tabungan berencana mandiri secara online, sekarang mau pembatalan. Dimana cari taunya prefiks sertifikatnya yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Prefiks ada di sertifikat TRM, nah untuk dapet sertifikat TRM harus ambil di bank. Jangan lupa bawa buku tabungan dan identitas diri yaa.

      Delete
  26. Aku tadi baru saja ke bank mandiri untuk mencairkan dana tabungan berencana mandiri saya ,katanya prosesk kerjanya 14 hr .klo boleh tau apakah masih dipotong biaya lain kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Proses kerjanya 14 hari ya? Waa, beda-beda ya ternyata, kemarin proses saya mencairkan TRM cuman butuh sehari saja. Apabila ada pengajuan proses pencairan sebelum masa jatuh tempo akan dikenakan potongan.

      Delete
  27. Mbak...
    Klo TRM yg buat dr perusahaan bs gak kita sendri yg mencairkan uangnya..
    Masalah nya buku tabungan perusahaan yg megang,tp saya bs liat dan cek brapa uang masuk..waktu saya 5taon,taon depan februari sdh habis jatuh temponya,
    Yg saya tanya kan apa uang tersebut langsung masuk kerekening pribadi kita.?
    Mohon penjelasannya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Madiansyah :)
      Kalau sudah jatuh tempo, saldo di rekening TRM akan otomatis ketransfer ke rekening utama. Nah kalau bisa cek berapa uang masuk yang ada di TRM, asumsi saya berarti Madiansyah bisa akses ke akun rekening pribadi yang didaftarkan TRM ya? Berarti tinggal tunggu aja sampai masa jatuh temponya habis.

      Delete
  28. Hallo kak ajeng, mau tanya kak
    21nov2019 saya buka trm untuk tenor 1tahun, bulan november sudah dilakukan setoran pertama dan autodebet bulan selanjutnya tiap tgl 11
    Yang saya bingung trm ini akan autodebet sampai bulan oktober atau november yaa? Karna kalau 12 bulan berarti akan berhenti autodebet di bukan oktober dan cair otomatis di 21november?
    Hitunganya 12x atau gimana yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Arina, salam kenal 😊 hitungannya tetep 12 bulan kok. Yang saya agak ragu sih ya, untuk setoran terakhir itu saya agak lupa, apakah waktu autodebetnya sehari sebelum tanggal jatuh tempo atau beberapa jam di tanggal jatuh tempo sebelum waktunya jatuh tempo. tapi yang jelas pas di waktu tanggal jatuh temponya 😁 Semoga nggak membingungkan yaa 🙏

      Delete
  29. Haloo mau nanya, barusan saya daftar via mandiri online, tulisannya sudah berhasil namun belum ke autodebet. Apakah memang tidak langsung terautodebet atau bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seingat saya butuh waktu untuk selanjutnya ter-auto-debet. Agak lupa sih berapa jam setelah kita daftar, tapi di hari yang sama kok.

      Delete
  30. Hallo kak mau tanya TRM ini kan sistem nya penarikan otomatis tiap bulan nih, nah sambil nunggu autodebet tiap bulan ini, kita bisa inisiatif transfer s ke TRM nya gak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget 😊 Nomor rekening TRM kita bisa kok ditransferin dari rekening mana aja. Jadi kalo misalkan suatu saat ada rejeki lebih gitu, bisa langsung cus ditransfer ke rekening TRM kita aja untuk saving, hehe.

      Delete
  31. Masalahnya saya mau cairkan tapi..
    Ktnya serial nomor tabungan rencananya salah..

    Itu gmana ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. "Serial Nomor Tabungan", hmmm maaf saya nggak paham maksudnya gimana ✌️ Datang langsung ke bank Mandiri saja supaya bisa tertangani langsung dengan tepat 😊

      Delete
  32. Kalo penerakina sebagian itu artinya kita masih lanjuf TRM untuk sisanya atau gmn ya ka ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai, setelah melakukan penarikan sebagian, auto debetnya tetep masih jalan kok, jadi kita tetap akan melanjutkan setoran ke TRM sampai dengan masa jatuh tempo selesai.

      Delete
  33. Ka untuk pencarian yg sebagian itu nanti setelag di potong kita ttp lanjut TRM nya atau gmn ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo :) Iya betul, untuk penarikan sebagian, setelah nanti saldo kita dipotong dan ditransfer ke rekening utama kita, selanjutnya kita tetap akan melanjutkan setoran ke TRM.

      Delete
  34. kak aku nyoba cairin tapi ada keterangan 'nomer serial rencana tabungan yg anda masukkan salah' itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh, istilah "Nomor Serial Rencana Tabungan" saya kok kurang paham ya. Nggak yakin itu apakah sama dengan nomor sertifikat. Yang saya tau kita diminta untuk masukkan 2 digit nomor prefiks dan 6 digit angka selanjutnya saja.

      Delete
  35. Hallo kak.. Pernah ndak kk setor uang misal nya sebulan itu 200rb tp terkadang malah setor uang ny lebih.. Krn klo aq punya rizki lain kdang 1 bln ny bisa 1jt yg artinya lbh dri yg hrsnya
    Apa nnti akan ttp cair ksluruhan pas jatuh tempo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, wah toss dulu kalo gitu, saya sering banget malahan, wehehe. Kalau pas dapat rejeki lebih, saya sering juga transfer manual ke rekening TRM buat nambah-nambah tabungan.

      Tenang aja, nanti ketika jatuh tempo, akan ditransfer semua-muanya kok. Semangat terus nambahin TRM-nya yak! :D

      Delete
  36. hai kak, untuk kasus trm saya, sudah saya cairkan 30% tanpa pembatalan, dlm jangka waktu seminggu uang yg dlm rekening kok kembali kedalam rekening trm ya? bisa bantu jawab?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai 😊 owhh udah dicairkan 30% ya, berarti itu pencairan sebagian. Proses pencairan sebagian itu berbeda dengan pembatalan. Kalau pencairan sebagian itu auto debetnya nggak berhenti. Tentu saja proses auto debet TRM-nya tetap masih berlanjut.

      Jadi, itu bukan uang dalam rekeningnya kembali lagi ke TRM ya, tapi ya memang TRM-nya nggak stop berhenti. Kalau ingin berhenti, lakukan proses pembatalan rekening TRM bukan pencairan sebagian 😁

      Delete