Pengalaman Periksa Kehamilan di Puskesmas Tegalrejo Jogja

Jalan Magelang KM.2 No.180, Karangwaru, Kec. Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55242, Indonesia

Pengalaman menyenangkan ke puskesmas ini sebetulnya sudah dimulai sejak usia kandungan saya masuk 7 bulan. Sebelumnya, saya rutin kontrol di RS Hermina dengan dr. Detty, waktu itu alasannya lebih karena pengennya sih jadwal kontrol tidak barengan dengan aktifitas bekerja, jadi pengen ambil jadwal kontrol dokter di malam hari setelah jam kerja selesai. Alhamdulillah di saat trisemester pertama dan kedua, saya tidak mengalami hal-hal yang sampai mengganggu aktifitas sehari-hari. Nggak mual yang berlebihan, nggak ngidam yang gimana-gimana, nggak ngedrop juga, cuman memang jadi lebih sering nguantuuukk dan lebih gampang capek aja 😆

Nah, dulu sewaktu sahabat saya hamil, saya sudah beberapa kali mendengar cerita positif darinya yang langganan kontrol kehamilan di Puskesmas Mantrijeron. Mama Dian Utari berbagi cerita tentang layanan KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) di puskesmas saat ini sudah lengkap dan pelayanannya sudah jauh lebih nyaman. Mulai dari USG, cek laboratorium (termasuk cek HIV juga ada), dan kesempatan untuk konsultasi dengan Ahli Gizi maupun Psikolog. Makin mantep lah saya kala itu buat besok kalau pas hamil nyobain untuk kontrol kehamilan di puskesmas. Sebelumnya memang udah ada kepengenan nyoba keseruannya, ditambah lagi terinfluence sama Mamanya Bang Sabrang & Dedek Kenang, makin semangat lah saya buat kontrol di puskesmas. Dan akhirnya, timing buat nyobain pun tiba, hihi.



"Kenapa akhirnya memilih rutin kontrol di puskesmas?"



Alasan utama karena pengen terinfluence untuk lahiran normal 😋 selain itu, nggak memungkinkan lagi untuk kontrol di RS Hermina karena jauh dan makin kesini kalau pulang kerja saya lebih milih buat leyeh-leyeh aja di rumah, udah makin boyoken cuy, hahaha. Alhamdulillah juga kehamilan saya baik-baik saja selama kontrol. Mmm, kalau alasan sentimentilnya karena dulu waktu saya bayi, saya rutin diimunisasi dan kontrol disana juga oleh Ibug, hahaha njug ngopo yak? 😂 Selebihnya karena penasaran juga sih, pengen aja gitu ngerasain ambience gimana periksa di puskesmas yang dibilang saat ini sudah banyak sekali improvement-nya, dan ternyata memang benar adanya. Ditambah lagi, Puskesmas Tegalrejo juga sudah punya fasilitas kesehatan yang cukup lengkap, termasuk layanan 24 jam dan ambulance. Fakta lain yang makin bikin penasaran adalah ini :


"Di Kota Yogyakarta sudah ada dua puskesmas yang memperoleh akreditasi terbaik atau berstatus sebagai puskesmas paripurna yaitu Puskesmas Mantrijeron dan Puskesmas Tegalrejo." - Antara Yogya, 2018



Cerita kontrol kehamilan ini saya persingkat aja ndak papa yah, ini beberapa highlight pengalaman dan catatan kecil yang mungkin bermanfaat saat kontrol kehamilan di Puskesmas Tegalrejo Yogyakarta :

Pendaftaran Antrian Online Puskesmas

Di Puskesmas Tegalrejo kita bisa melakukan pendaftaran antrian H-1 sebelum jadwal periksa. Kalau jadwal periksamu pengen di hari Senin, lakukan pendaftaran di hari Sabtu. Pendaftarannya bisa dilakukan via WA yaa. Tapi kalau sebelumnya kalian belum pernah sama sekali terdaftar periksa di puskesmas ini, alias belum punya nomor RM (Rekam Medis), kalian tetep harus ikuti rule jalur reguler (ambil nomor antrian di tempat, lalu melanjutkan proses menunggu antrian, dan itu memang lebih menyita waktu). Jadwal pendaftaran online ini mulainya dari jam 08:00. Dulu saya pernah kena tegur Admin karena ngeWA pagi-pagi jam 05:30 😂

Nah, kalau sudah dapat balasan WA dari si Mimin Puskesmas Tegalrejo, pas hari H kontrol, tinggal ngikutin step berikut :
  1. Begitu tiba di puskesmas, serahkan identitas diri (KTP/SIM) dan kartu asuransi (jika menggunakan asuransi) ke petugas yang ada di Loket 2. Loket ini khusus melayani pasien yang sudah mendaftar melalui jalur online. Setelah itu, tunggu panggilan oleh petugas yang akan menyerahkan printout nomor antrian sebagai bukti bahwa kita pada hari tersebut sudah masuk ke antrian pasien kontrol.
  2. Kalau kalian pengguna BPJS, setelah menerima printout tadi, isi blanko presensi penggunaan fasilitas BPJS yang ada di depan dekat satpam. Blanko warna kuning untuk BPJS Mandiri dan blanko warna pink untuk BPJS PPU (Pekerja Penerima Upah, BPJS didaftarkan oleh tempat bekerja).
  3. Selesai mengisi presensi, duduk manis dan tunggu di dekat Poli KIA, sampai namamu dipanggil oleh petugas. Kalau sekiranya kalian sudah menunggu terlalu lama, jangan ragu untuk konfirmasi ke petugas yang jaga Poli KIA ya, siapa tau kalian nggak denger panggilan dan terlewat.
  4. Kalau sudah dipanggil oleh petugas Poli KIA, kita akan dicek berat badan, lingkar lengan, dan tensi. Jangan lupa untuk sampaikan keluhan yang dirasakan kalau ada.
  5. Setelah selesai pengecekan awal, duduk manis lagi untuk menunggu dipanggil masuk ke ruang pemeriksaan Poli KIA untuk bertemu dengan bidan atau dokter.
  6. Yang terakhir, sabar, kalau bosan bisa sambil jajan cemilan roti yang dijual sama ibu-ibu keliling 😁

Wajib ANC Terpadu

Sewaktu pertama kali mendaftar di puskesmas ini, sebagai pasien baru ibu hamil, kita diwajibkan untuk mengikuti ANC Terpadu (Ante Natal Care Terpadu). Proses ini dilakukan untuk perencanaan antisipasi dan persiapan dini untuk melakukan rujukan kalau amit-amit terjadi penyulit/komplikasi. Prosedurnya adalah ibu yang sedang hamil harus melalui pemeriksaan gigi, cek darah & urin (bagian ini ada banyak hal penting yang diinfokan oleh Ibu Bidan, termasuk Hb, Rhesus, dll) kita juga akan dapat penjelasan hal-hal penting dari kondisi kesehatan badan ibu hamil, konsultasi dengan ahli gizi dan psikolog.

Good Hospitality

Semua bidan maupun petugas medis yang saya temui di Puskesmas Tegalrejo ramah-ramah dan murah senyum. Ibu Bidan juga sabar dan berasa sangat legowo untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pasien, nggak ada rasa ogah-ogahan gitu. Beberapa juga perhatian dan informatif. Untuk standar proses pemeriksaannya nggak pake USG yaa buibuu. Jadi, kalau di puskesmas Ibu Bidan akan mengecek kandungan kita manual pake tangan. Perut bumil kayak dipencet-pencet gitu untuk mencari posisi bayi dan mengukur tinggi fundus. Nah, tinggi fundus ini yang digunakan untuk mengontrol pertumbuhan bayi di dalam kandungan.


"Tapi saya nggak mantep buk kalau periksa nggak pake USG, gimana dong?"



Pengalaman USG di Puskesmas

Kalau kalian pengen periksa pakai USG, di Puskesmas Tegalrejo juga bisa kok, tapi memang harus request dulu sama Ibu Bidan karena alat USG disana nggak banyak, kayaknya juga malah cuman ada 1 apa ya di ruang tindakan lantai 2, dan lagi karena memang pemeriksaan menggunakan USG bukan termasuk ke tahap pemeriksaan standar ya, terkecuali memang ada kondisi khusus.

Biaya untuk USG jika berdasarkan request pasien, terhitung murah banget, cuman Rp 40,000 udah gitu saat proses USG berlangsung, dokternya njelasin detil banget hal-hal penting yang terkait dengan janin. Karena cukup detil itu tadi, jadinya proses USG-nya bisa lama, nggak cuman semenit dua menit, terus udah. Jadinya kita bisa "ketemu" sama jabang bayi agak lama, hihihi. Pengalaman saya dibanding dengan ketika USG di RS Hermina maupun JIH, jauh lebih informatif di puskesmas. Tanpa kita cerewet tanya ini itu, dokter sudah inisiatif menjelaskan 😅 Untuk alat USG-nya sendiri juga udah ok kok, gambar di layar monitor terlihat dengan cukup jelas, nggak banyak bruwetnya. Ah iya, dibanding sama alat yang di RS Sadewa menurut saya kok lebih ok yang di puskesmas malahan, atau mungkin kala itu saya lagi nggak hoki aja dapet alat yang bruwet? 😄

Awkaaay, begitu deh singkat cerita pengalaman saya selama kontrol kehamilan di Puskesmas Tegalrejo Jogja. Next, mungkin saya akan share pengalaman persalinan di sini (Aamin, semoga bisa lahiran normal lancar sehat). Fasilitas yang saya dapatkan ini sangat bisa jadi berbeda dengan fasilitas di puskesmas lain ya. Overall, sejauh ini Alhamdulillah nggak ada hal yang mengecewakan dan bikin saya kapok periksa di sini. Mungkin besok si kecil juga bakal lanjut imunisasi di sini seperti Ibuknya dulu, hihihi 😊



***

Update Kontrol Kehamilan Saat Pandemi COVID-19

Tulisan ini saya update kembali pada tanggal 29 Juli 2021. Jadi, selama pandemi COVID-19 ini, tentunya ada perubahan besar pada pelayanan kesehatan di Puskesmas Tegalrejo. Sebenernya sih, nggak hanya di puskesmas ini saja, tapi sebagian besar puskesmas di Jogja ada beberapa perubahan. Apa saja perubahan layanan yang ada di Puskesmas Tegalrejo selama pandemi COVID-19? Secara singkat saya share di sini yaa bu ibu semua:

puskesmas-tegalrejo-jogja

1. Tidak ada layanan USG

Sharing dari perawat yang ada di Puskesmas Tegalrejo, kondisi pandemi di Jogja ini makin kesini benar-benar makin terasa menguras energi. Oleh karena itu, petugas kesehatan lebih diprioritaskan untuk melayani yang benar-benar krusial dan membutuhkan. Layanan USG untuk saat pandemi ini ditutup sementara hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan. *IMHO, USG hanya diperuntukkan bagi ibu hamil yang kondisinya benar-benar membutuhkan cek fisik menggunakan USG. Jadi, kalau ingin periksa kehamilan menggunakan USG, bu ibu bisa datang ke rumah sakit umum atau klinik swasta lainnya.

2. Lebih mengutamakan pasien yang berdomisili Kota Yogyakarta

Saya ini berdomisili di Sleman, jadi ya KTP-nya di Sleman. Namun, karena saat ini masih ngontrak di daerah Jl. Magelang, alhasil saya memilih faskes pertama saya yang paling dekat, di Puskesmas Tegalrejo (terlepas memang aslinya sudah berasa nyaman aja gitu di puskesmas ini, hehe). Sewaktu kemarin akhirnya kembali kontrol lagi di Puskesmas Tegalrejo, perawat yang ada di KIA saat itu menginformasikan dan meminta maaf bahwa mulai saat pandemi ini, mereka memprioritaskan untuk pelayanan bagi warga yang berdomisili di Kota Yogyakarta (Puskesmas Tegalrejo itu kan masuknya ke area Kota Yogyakarta). Supaya juga, nantinya ketika butuh rujukan atau vaksinasi bisa lebih mudah dan cepat prosesnya.

Saya sangat paham, meskipun agak kecewa, yah jadi nggak bisa lahiran disini lagi deh besok, hehe, tapi nggak papa, it's not a big deal for me. Emang gitu sih ya, kalau udah dibikin nyaman, susah menggoknya, hahaha. Kemarin ibu perawat juga jadinya minta maaf kalau nggak bisa lagi melayani seperti dulu, ya gimana lagi, karena pandemi gini kan. Segera saya pindah faskes ke Puskesmas Mlati 2, besok kapan-kapan saya share juga deh bagaimana pengalaman kontrol kehamilan disana ya.


8 komentar

  1. Halo apakah hasil USG di puskesmas Tegal Rejo bisa di print? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Dwi 😊 Terimakasih sudah mampir. Hasil USG-nya bisa minta dicetak 👍

      Hapus
  2. Apakah syaratnya susah usg di sini? Syaratnya apa saja y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas Angki, terimakasih sudah mampir di blog dan menyapa di sosmed 😁🙏

      Untuk syarat khususnya ndak ada mas. Tinggal bilang saja ke Bidan kalau ingin melakukan USG. Nah yang perlu jadi catatan, kalau dulu alat USG di Puskesmas Tegalrejo itu hanya 1 di lantai atas ruang persalinan (semoga segera nambah lagi), dan yang mengoperasikan setau saya dulu itu hanya dokter saja. USG-nya diprioritaskan untuk ibu hamil yang memang ada kondisi yang mengharuskan USG. Jadi ya kalau pas mungkin dapetnya rame jadi harus sabar menunggu begitu.

      Hapus
  3. Boleh minta jadwal usgnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, setau saya di Puskesmas Tegalrejo itu nggak ada jadwal USG. USG bisa dilakukan kapan saja ketika kontrol, yang jelas di hari-hari klinik KIA buka, yaitu Senin dan Kamis. Tapi kalau urgent, bisa langsung datang saja kok, karena layanan untuk persalinan di sana 24 jam (berarti selalu ada bidan yang jaga).

      Hapus
  4. Jadwal kia nya di puskesmas tegalrejo hari apa saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadwal KIA di Puskesmas Tegalrejo di hari Senin dan Kamis. Semoga belum ada perubahan yaa.

      Hapus

Instagram

Diary Baik Hari Ini. Theme by STS.