Cara Mencairkan Tabungan Rencana Mandiri / TRM Sebelum Jatuh Tempo

Yogyakarta, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta, Indonesia
cara-mencarikan-tabungan-rencana-mandiri-sebelum-jatuh-tempo

Penjelasan dari TRM atau Tabungan Rencana Mandiri saya kutip dari laman resmi Bank Mandiri ya. Jadi TRM ini semacam tabungan yang ada jangka waktu penyimpanannya. Pada saat sudah masa jatuh tempo, TRM akan cair secara otomatis dan langsung masuk ke rekening utama akun Mandiri-mu. Untuk informasi lebih detil tentang apa itu Tabungan Rencana Mandiri, kamu bisa akses di sini. Kalau dari situsnya, ini penjelasannya :

Mandiri Tabungan Rencana (MTR) adalah tabungan berjangka dengan setoran bulanan dan jangka waktu fleksibel sesuai kebutuhan nasabah serta fasilitas autodebet sehingga nasabah dapat mempersiapkan dan mewujudkan rencana masa depannya.

Beberapa waktu lalu untuk pertama kalinya saya mencoba mencairkan TRM sebelum masa jatuh tempo. Proses pencairannya nggak terlalu ribet dan nggak butuh waktu lama. Tapi memang ada prosedur yang harus dilalui. Nah, untuk mencairkan TRM ternyata ada 2 pilihan yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan, yaitu pencairan dana sebagian atau pencairan dana seluruhnya (dengan melakukan pembatalan TRM). Selanjutnya saya akan infokan langkah-langkah pencairan TRM sebelum jatuh tempo dan beberapa hal yang kamu siapkan.

Syarat Utama: Sertifikat TRM

Sebelum memproses pencairan dana TRM, kita wajib dapetin dulu Sertifikat TRM. Sertifikat ini hanya bisa diambil di Bank Mandiri (semua cabang). Pengambilannya nggak harus di cabang tempat kamu buka rekening kok, bisa di Bank Mandiri mana aja, jadi meskipun posisimu lagi di luar kota bisa juga kok datang ke Bank Mandiri cabang di kota tersebut. Di sertifikat ini ada nomor sertifikat yang bakal kamu butuhkan pada saat memproses pencairan TRM. Kalau kamu melakukan pendaftaran TRM melalui aplikasi Mandiri Mobile, tetep aja harus minta surat sertifikatnya ke bank. Lokasi pengambilan sertifikat TRM ini bisa diproses di cabang Bank Mandiri mana aja kok, nggak harus di tempat yang sama pada saat kamu buka rekening utama. Pun jikalau posisimu lagi ada di luar kota, bisa juga memproses penerbitan surat sertifikat TRM di kota tempat kamu berada. Tentunya, syarat utama untuk proses permintaan sertifikat TRM ini, ada dua hal yang harus kamu siapkan, yaitu KTP dan buku tabungan Mandiri. Itu semua wajib dibawa sebagai syarat bukti data diri.

1 - Pencairan Sebagian Dana TRM

Jadi ternyata untuk pencairan TRM itu bisa dicairkan sebagian atau seluruhnya (dengan melakukan penutupan/pembatalan rekening TRM). Tapi, ada syarat dan ketentuannya. Untuk pencairan sebagian dana, maksimal hanya bisa dicairkan 30% dari jumlah nominal tabungan yang ada di TRM dengan jumlah biaya administrasi hanya Rp 10,000 (ini info yang saya dapatkan dari CS kemarin, tapi jumlah ini bisa jadi akan berubah sewaktu-waktu). Proses pencarian sebagian dana TRM ini hanya bisa dilakukan satu kali saja ya. Ada ketentuan lain yang harus terpenuhi, yaitu minimal jangka waktu periode TRM yang sudah berjalan adalah satu tahun. Jadi, kalau TRM kamu baru ongoing kurang dari 1 tahun, nggak bisa untuk memproses pencairan sebagian dana TRM. Proses pencairan dana sebagian TRM ini sepertinya hanya bisa dilakukan di bank, karena kalau saya lihat di aplikasi Mandiri Online, tidak ada menu untuk pencairan sebagian dana, yang ada hanya pembatalan rekening TRM saja. Setelah pencairan dana sebagian berhasil, pada bulan selanjutnya rekening utama kamu akan tetap terdebet otomatis, karena pencairan sebagian dana TRM ini tidak kemudian menutup rekening TRM kamu.

2 - Penutupan/Pembatalan Rekening TRM?

Kalau ternyata kebutuhan mengharuskanmu buat melakukan pencairan semua dana yang ada di Tabungan Rencana Mandiri, berarti kamu harus memproses pembatalan rekening TRM. Proses pembatalan rekening TRM bisa dilakukan di bank, via aplikasi Mandiri Mobile, dan via internet banking. Tapi kali ini yang akan saya share gimana caranya pembatalan TRM melalui aplikasi Mandiri Mobile saja, udah lupa juga sih soalnya login ke internet banking 😅 saking lamanya nggak pernah diakses lagi.

Memproses Pencairan Via Mandiri Mobile

Setelah sertifikat TRM sudah di tangan, langkah selanjutnya tinggal memproses pencairan melalui aplikasi Mandiri Mobile. Langkah-langkahnya sama sekali nggak ribet dan uang yang kamu cairkan bisa langsung masuk seketika ke rekening utama, less than 5 minute, I think.
  1. Login ke aplikasi Mandiri Mobile
  2. Ada kolom Mandiri Tabungan Rencana di bagian bawah
  3. Klik tombol 3 titik yang ada di sebelah kanan akun rekening TRM
  4. Pilih Pembatalan Mandiri Tabungan Rencana
  5. Selanjutnya akan tampil informasi jumlah saldo beserta biaya administrasi yang akan mengurangi jumlah nominal ketika proses pembatalan rekening TRM diproses
  6. Isikan prefiks sertifikat dengan 2 huruf yang ada di depan nomor sertifikat TRM
  7. Isikan nomor sertifikat (tanpa prefiks)
  8. Pilih rekening mana yang akan menjadi tujuan transfer (rekening ini nantinya yang akan bertambah saldonya)
  9. Voila! Jika status berhasil, seharusnya saldo TRM sudah masuk seketika 😉

Screenshot Pencairan TRM Via Aplikasi Mobile Livin by Mandiri

Ini preview tampilan laman aplikasi Mandiri Mobile yang akan kalian akses ketika memproses pembatalan rekening Tabungan Rencana Mandiri. Bisa dilihat ya kalau disana nggak ada pilihan untuk mencairkan dana sebagian, hanya ada pilihan menu untuk pembatalan rekening.

cara-cairkan-tabungan-rencana-mandiri-trm-sebelum-jatuh-tempo
🔍 Klik gambar untuk memperbesar

Semoga tulisan ini bisa membantu temen-temen yang butuh informasi seputar pencairan Tabungan Rencana Mandiri atau TRM. Prosesnya mudah, hanya saja di awal ada ketentuan yang mengharuskan kita untuk tetap datang ke bank minta surat sertifikat buat dapetin nomor sertifikatnya. Selamat mencoba 😉

203 komentar

  1. Kalau TRM aku malah nggak pernah ambil sertifikat mbrooo..
    Sejauh ini daftar-cairin langsung lewat Mandiri Mobile App, wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk, Andah sungguh tertib dan sabar menanti TRM meleleh sendiri ke rekening 🤣

      Hapus
    2. Kalo untuk pengambilan sertifikatnya itu bilangnya gmna kak 😅

      Hapus
    3. Dateng ke CS, tinggal bilang aja kalau mau memproses pengambilan sertifikat untuk Tabungan Rencana Mandiri 😁

      Hapus
    4. Kalau syarat pengambilan sertifikat TRM itu tadi kan kakak bilang bawa ktp sama buku tabungan.. nah buku tabungan utama atau TRM ya ?? Soalnya q buatnya online
      Makasih kak

      Hapus
    5. Halo, yang dibawa buku tabungan rekening utama ya 😁 kan kalau TRM nggak ada buku tabungannya, kalau TRM hanya ada sertifikat ajah.

      Hapus
    6. Saya sudah jatuh tempo lebih dari 4hr tapi belum cair dengan otomatis ke rekening pribadi saya kak gimana

      Hapus
    7. Kalau sudah lewat beberapa hari, pastikan langsung ke bank Mandiri saja, supaya bisa dapat penjelasan lebih detil apakah memang ada masalah atau bagaimana.

      Hapus
    8. Apakah TRM sebelum jatuh tempo bisa di cairkan?

      Hapus
    9. TRM sebelum jatuh tempo bisa dicairkan, tentunya ada ketentuan yang berlaku ya.

      Hapus
    10. Kalau ga adavsertifikatnya tapi belom.jatuh tempo ga bisa ya

      Hapus
    11. Halo, kalau pengen menghentikan TRM harus inputkan prefiks dan nomor sertifikat, tentunya informasi tersebut hanya ada di sertifikat TRM kita, maka sertifikat harus ada.

      Hapus
    12. Yang dimaksud sertifikat trm itu gimana kak y

      Hapus
    13. Sertifikat TRM itu semacam surat berharga yang menjadi bukti kepemilikan rekening TRM kita. Di sertifikat itu terdapat informasi penting seperti nama lengkap pemilik rekening TRM, nomor rekeningnya, dan yang paling penting adalah nomor sertifikatnya tentunya.

      Hapus
    14. mas saya mau nanya klw pengbilan sertifikatnya TRM semua cabang mandiri bisa ga

      Hapus
    15. Sepertinya bisa, jangan lupa untuk bawa buku tabungan & data diri kamu ya.

      Hapus
  2. Kalau boleh tau kena biaya penalti&potongan berapa mba total dari saldo TRM? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya kemarin rinciannya: Biaya Penalti Rp150,000 + Biaya Rp5,000. Sepertinya untuk 2 biaya tersebut sama jumlah untuk nominal saldo berapapun.

      Hapus
    2. Kalau untuk yang baru nih mba mau di batalin, di potong juga 150 rb ?
      Sedangkan saldo masih 100rb , mohon penjelasannya mba terimakasih

      Hapus
    3. Kalau saldo TRM kurang dari 150ribu, nggak kena biaya administrasi 150rb misalkan mau dibatalkan 😁

      Hapus
    4. hallo ka, kalau kita mau cairkan saldo TRM kan bisa tapi max 30%. apakah itu kena biaya adm & penalti gak?

      Hapus
    5. Hai Ria, iyaa tetep kena biaya adm & penalti setau saya. Tapi pencairan sebagian itu hanya bisa dilakukan minimal kalau masa TRM-nya sudah 1 tahun ya.

      Hapus
  3. Minta pencerahannya barusan sy coba tp gagal terus.prefix no sertifikasi apa? Pas mau di tarik via m-bank gagal terus ga bisa. Hrus mengisi prefix nomer

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo 😊 nomor prefiks itu ada di sertifikat TRM. Nah, sertifikat TRM hanya bisa diperoleh di Bank Mandiri. Jadi, jika ingin memproses pencairan TRM sebelum masa jatuh tempo, wajib ngurus sertifikatnya dulu di bank yah.

      Hapus
    2. Maaf, ada yang kurang yah jawabannya ✌️ Nomor prefiks itu 2 huruf di nomor sertifikat yang ada di paling depan

      Hapus
  4. No prefiks yg mana ya. Yg di sertifikat itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, betul sekali, yang ada di sertifikat. Nomor sertifikat kan terdiri dari 2 huruf & 6 digit angka. Nomor prefiks adalah 2 huruf yang di depan sebelum angka.

      Hapus
  5. Kena potongan 15% itu engga ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini rincian biaya-biaya yang harus saya bayarkan kemarin :
      - Biaya administrasi : Rp 150,000
      - Biaya : Rp 5,000

      Saya nggak melihat ada rincian potongan 15% sih kemarin 🧐

      Hapus
    2. ka kalau mau pembatalan harus ke bank at lewat tlpon bisa solanya saya kan belum ada sartifikat nya

      Hapus
    3. Harus ke bank dulu untuk urus pencetakan sertifikatnya ya. Soalnya nomor sertifikat itu dibutuhkan untuk proses pencairan/pembatalan sebelum masa jatuh tempo.

      Hapus
  6. Kalo saya udah punya 3 tabungan rencana mandiri kok pas buka tinggal 2 TRM nya. Saya juga minta 1 tahun tapi jatuh temponya 3 juni 2022 berarti saya harus nunggu 3 tahun ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Sinta 😊 trimakasih sudah mampir ke blog ini.

      Untuk case yang ditanyakan, sebaiknya perlu dipastikan ditanyakan ke Bank Mandiri yah.

      Kalau dari analogi saya, 1 rekening TRM itu punya masa jatuh tempo sendiri-sendiri, sehingga misalkan Sinta punya lebih dari satu TRM, maka masing-masing TRM tersebut ya akan punya tanggal jatuh temponya sendiri-sendiri, nggak saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Semoga membantu menjawab yah. Tapi sekali lagi, pastikan lagi ke CS Bank Mandiri yaa.

      By the way, saya malah nggak tau ternyata 1 rekening utama bisa dipakai untuk lebih dari 3 TRM 😄

      Hapus
    2. Maaf kak mau tanyak
      Tiap bulan saya isi trm saya. Tiap bulannya 400rb dr bln awal april.Ni barusan saya lihat ko' saldo saya cuma 260. Gmna itu kak? Kmana tabungn saya selama 3bln? Mohon penjelasannya y kak...

      Hapus
    3. Halo, coba cek dulu mutasi rekening dari aplikasi Livin by Mandiri, apakah betul sudah ada transaksi keluar dari bulan April yang dikirim ke Rekening TRM kamu. Jika memang ada, screenshot sebagai bukti dan segera laporkan ke Bank Mandiri ya, bisa langsung ke CS aja minta dicekkan. Jangan lupa membawa buku tabungan dan data diri.

      Hapus
    4. Apakah bisa meminta Nomor sertifikat polis melalui online

      Hapus
    5. Nggak bisa, harus ada pembuktian dengan alat bukti yang sah bahwa kamu adalah benar-benar orang yang mempunyai TRM tersebut (menunjukkan identitas diri, menunjukkan kepemilikan buku tabungan). Prosesnya harus dilakukan di depan petugas bank.

      Hapus
  7. Bisa kok 1 rekening utk beberapa TRM

    BalasHapus
  8. Hii mau tanya kk,bila pengajuan TRM tgl 10 juli maka jatuh tempo saya dibulan juli 2020 atau agst 2020 ya k,mohon infonya,trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai juga 😊 tanggal jatuh tempo TRM itu yang saya tau sama dengan tanggal ketika kita melakukan pengajuan TRM. Jadi, misalkan pengajuannya tanggal 10 Juli 2019 dan TRM-nya kita setting untuk 1 tahun periode, berarti tanggal jatuh temponya 10 Juli 2020.

      Hapus
  9. Berarti kalau pembatalan TRM berarti saldo TRM nya lagi ke saldo mandiri utama atau hangus ga bisa diambil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Proses pembatalan TRM itu misalkan saldonya masih ada (setelah dikurangi untuk bayar biaya-biaya) nantinya akan secara otomatis ketransfer ke rekening utama.

      Sebenernya pembatalan TRM itu kan semacam mencairkan lebih cepat saldo TRM ke rekening utama sebelum masa jatuh temponya 😁

      Hapus
  10. Aku pernah tidak mendebet uang dari rekening utama ke TRM sekali karna waktu itu saldo ku kurang, pertanyaannya apakah bisa diganti lain waktu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Saifus, terimakasih sudah mampir ke blog ini 😊 Berarti pernah gagal setor ya? Setau saya nanti ketika ada gagal bayar, secara otomatis akan ditagihkan ke bulan berikutnya kalau saldo di rekening utama mencukupi.

      Nah, yang perlu dipastikan nih, saya nggak tau apakah ada batasannya maksimal boleh gagal setor berapa kali, dan apakah ada dendanya atau nggak jika mencapai batas maksimal tersebut 😅

      Hapus
    2. Saya dulu pernah 3x berturut turut gagal pendebetan (3 bulan) TRM otomatis tertutup dan saldo masuk ke rekening utama.

      Hapus
    3. Hai Ningrum :) Trimakasih sudah bantu menjawab. Iyaa betul, kalau sudah 3 kali gagal debet secara otomatis TRM ditutup dan saldo TRM akan ditransfer ke rekening utama (tentunya setelah ada pemotongan untuk denda)

      Hapus
    4. Kak berarti kalau gak ngisi² selama 3x berturut² itu trm nya langsung ditutup otomatis ka? Saldo langsung masuk kan ke rekening utama.

      Hapus
    5. Halo :) Iyaa betul, kalau sudah 3 kali gagal debet secara otomatis TRM ditutup dan saldo TRM akan ditransfer ke rekening utama (tentunya setelah ada pemotongan untuk denda)

      Hapus
  11. Bagaimna carany cek apakh kita masih puny saldo karn saya tidak tahu berapa kali telat untuk membyarkan tabungan berjangka itu .. saya membuat tabungn berjangka juli 10 2019 dn sekrng sdh 1 tahu tetpi sya tidak membayar setoran beberap x sya lupa apakah solusinu bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya coba jawab satu persatu yaa 😁

      1. Bagaimna carany cek apakh kita masih puny saldo karn saya tidak tahu berapa kali telat untuk membyarkan tabungan berjangka itu

      Jawab -- Ini saldo yang dimaksud saldo yang di mana ya? Tabungan Rencana Mandiri itu kan defaultnya salah satu sumber pemasukannya dari rekening utama Mandiri kita. Kalau mau cek saldo rekening utama Mandiri bisa melalui ATM, Aplikasi Mandiri Online, Internet Banking, atau datang langsung ke bank.

      Tapi kalau yang dimaksud adalah saldo TRM-nya, bisa lewat Aplikasi Mandiri Online, Internet Banking, atau datang langsung ke bank ditanyakan ke Customer Service.

      2. saya membuat tabungn berjangka juli 10 2019 dn sekrng sdh 1 tahu tetpi sya tidak membayar setoran beberap x sya lupa

      Jawab -- Sayangnya di aplikasi Mandiri Online saat ini masih belum ada fitur untuk melihat history transaksi uang masuk ke TRM, sehingga untuk mengetahui berapa kali sudah tidak setor ke TRM, perlu ditanyakan langsung ke CS di Bank Mandiri. Jangan lupa untuk bawa identitas KTP dan buku tabungannya ya 😊

      Hapus
  12. Halo ka diawal kan kita sudah di kasih sertifikat sama bank nya.. apakah kalau mau diambil sebelum waktunya harus ambil lg sertifikat trm atau cukup yg awal pas dapet?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo halo Rudy 😊 owh kalau sudah punya sertifikatnya, ndak perlu minta lagi ke bank. Sertifikat TRM hanya ada 1 untuk 1 rekening TRM. Di sertifikat itu coba dilihat di sebelah kiri atas, ada nomor sertifikatnya, itu disimpan saja untuk besok jika mau dipakai untuk melakukan pencairan sebelum masa jatuh tempo.

      Hapus
    2. Kalau buku nya hilang kak

      Hapus
    3. Kalau bukunya hilang, berarti harus diurus dulu penerbitan buku tabungan baru. Kalau nggak salah sih agak repot ya kalau buku tabungannya hilang, karena perlu ada surat pernyataan kehilangan juga. Sebaiknya segera diurus saja di Bank Mandiri tempat buka rekening waktu dulu. Jangan lupa bawa data diri KTP.

      Hapus
  13. Kalau sertifikatnya ilang gimana ya mba? Dan saya sudah diluar lota

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😱 Waduuuh, hmm kalau sertifikatnya hilang, dan pengen melakukan pencairan sebelum masa jatuh tempo, berarti perlu dateng ke bank biar bisa dibantu CS Bank Mandiri.

      Atau sabar menanti saja berarti, sampai masa jatuh tempo habis, nanti kan TRM juga tetep otomatis cair ke rekening utama meskipun sertifikatnya hilang 😁

      Hapus
  14. Seandainya pihak pertama (pemilik TRM) lagi sibuk,bisa gak diwakili utk pengambilan sertifikat nya ke bank mandiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Nindi, terimakasih sudah mampir 😊 Maaf sekali, saya nggak paham kalau untuk perwakilan pengambilan TRM apakah bisa atau ndak, ini harus ditanyakan ke call center Bank Mandiri.

      Tapi misalkan mau dicoba, kalau saya mungkin perlu menyiapkan surat kuasa gitu kali ya, yang menyatakan bahwa ybs bersedia untuk diwakilkan, jangan lupa juga untuk yang mau mewakili bawa identitas KTP. Mmm, buku tabungan ybs juga perlu dibawa.

      Hihi, tapi lebih baik dipastikan lagi aja ke Bank Mandirinya 😁

      Hapus
    2. Mas. Saya mau nanya nih saya Uda pernah dpt sertifikat trm. Terus hilang. Saya mau nyairin saldo tem saya. Apakah harus urus dulu ke banknya atau gmn ??

      Hapus
    3. Mau mencairkannya dalam waktu dekat? Kalau iya, tetep perlu ke bank untuk proseskan. Karena kalau mau via aplikasi kan tetep akan diminta nomor sertifikatnya nanti.

      Hapus
  15. Punya tabungan rencana mandiri mau cek saldo tabungan udah punya m banking tp dibagian bawah menut mandiri rencana untuk pembuatan baru. Cara ceknya selain ke bank langsung apakah bisa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di bagian bawah menu aplikasi Mandiri Mobile-nya tidak muncul rekening TRM-nya ya?

      Hmm, apakah nomor rekening utama yang didaftarkan untuk TRM adalah nomor rekening yang didaftarkan Mandiri Mobile? Kalau iya, apakah sudah dicoba untuk melakukan update aplikasi Mandiri Mobilenya dengan update yang terbaru? Kalau sudah update tapi masih belum muncul juga, coba ditanyakan dulu ke call center Bank Mandiri.

      Hapus
  16. Q punya TRM tenor 5th suda h berjalan 2 tahun
    Saat ini terkena dampak covid PHK
    Apakah benar kalau kita telat bayar selama 3 bulan secara otomatis saldo TRM tutup dan masuk ke rekening induk..tidak perlu ngurus sertifikat.
    Tp di keterangan saat pertama buka TRM nabung 5th secara otomatis dapet asuransi AXA.
    Pertanyaanya
    Apakah ambil TRM sebelum jatuh tempo harus pakai sertifikat sedangkan di keterangan awal max 3bulan tidak mampu bayar otomatis saldo tutup dan di transfer ke rekening induk?
    5th dpt otomatis asuransi
    AXA mandiri...apakah saldo TRM selama 2th nabung dipotong buat bayar angsuranya setelah gak mampu bayar selama 3bln (asuransi AXA) cara kerja asuransi
    ....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya coba jawab pertanyaannya satu persatu ya 😁

      1. Apakah ambil TRM sebelum jatuh tempo harus pakai sertifikat sedangkan di keterangan awal max 3bulan tidak mampu bayar otomatis saldo tutup dan di transfer ke rekening induk?

      Jawab ─ Yang saya tau, TRM akan secara otomatis ditutup apabila sudah 3 kali gagal bayar (bukan 3 bulan). Apabila ada gagal bayar sampai 3 kali maka nanti saldo di TRM akan otomatis ditransfer ke rekening utama setelah dikurangi biaya denda dan administrasi. Berarti ndak perlu ngurus sertifikat. Nah, beda cerita lagi kalau kondisinya kita yang udah nentuin pengennya TRM ditutup di waktu tertentu (kita yang mengajukan proses pencairan)

      2. AXA mandiri...apakah saldo TRM selama 2th nabung dipotong buat bayar angsuranya setelah gak mampu bayar selama 3bln (asuransi AXA) cara kerja asuransi

      Jawab ─ Untuk pertanyaan ini saya nggak paham, malah baru tau kalau kalau bisa dapet juga AXA Mandiri 😅 sebaiknya ditanyakan langsung ke Bank Mandiri.

      Hapus
  17. Hallo saya mau bertanya, TRM saya periode satu tahun dan akan jatuh tempo tanggal 17/September/2020, setelah dana cair di tanggal tersebut apakah TRM otomatis selesai atau terus lanjut menarik dana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Rezky 😊 Setelah masa jatuh tempo TRM tiba, dana TRM akan otomatis ketransfer ke rekening utama dan secara otomatis TRM selesai (tidak berlanjut menarik dana lagi).

      Nah, kalau selanjutnya Rezky pengen melanjutkan TRM-nya, berarti harus daftar TRM lagi. Pendaftaran TRM bisa juga melalui aplikasi Mandiri Mobile yaa 😁

      Hapus
    2. Kalok dftr sekarang kak? Terus untuk pencairnya tunnggu jatuh tempo saja. Berarti tidak perlu k bank untuk ambil sertifikat?

      Hapus
  18. Hallo kak..
    Info-info nya keren banget dan saya jadi lebih paham. Terimakasih 👍

    Izin bertanya Kak, jadi intinya semua uang yang udah ter setor ke TRM akan otomatis ke kirim ke rek kita kan ya kalau sudah temponya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Nina 😊 wah, syukurlah kalau bisa membantu teman-teman juga.

      Iya betul, kalau sudah masuk waktu jatuh tempo dana di TRM akan secara otomatis ketransfer ke rekening utama kamu, nggak perlu ngurus macem-macem. Terkecuali kalau kamu pengen mencairkannya sebelum masa jatuh tempo.

      Hapus
  19. Mba kalau untuk yang baru bayar 1 kali, terus mau di batalin karena berubah pikiran apakah bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Winna 😊 bisa kok dibatalkan. Misalkan nominal yang sudah disetor kurang dari 150ribu setau saya nggak kena biaya administrasi yang 150rb.

      Hapus
  20. Kak mau nanya kan aku udah 3x telat bayar tabungan, tapi kok sampai skrng blm d transfer ke rek utama ya? Jatuh tempo sih tgl 13,emg butuh berapa lama buat pencairan otomatis nya? ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tepatnya butuh waktu berapa lama saya kurang paham. Mungkin butuh waktu 1 periode lagi untuk memastikan di hitungan yang ke-4 kamu beneran nggak bayar, jadi baru ditransfer setelahnya.

      Hapus
  21. Saya sudah baru daftar, ternyata belum autodebet. Autodebet per tanggal berapa yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Melmel 😊 daftar lewat aplikasi Mandiri Online kah? kalau iya, autodebetnya seingat saya di tanggal yang sama pada saat kamu daftar, tapi ketariknya pas bulan berikutnya.

      Hapus
    2. Atau di hari berikutnya, maaf saya agak lupa ✌️

      Hapus
    3. bantu jawab yah , misal daftar lewat CS itu disana di tanya mau di autodebet tanggal berapa gt tiap bulan jd yang menentukan kita sendiri mau tanggal berapa di autodebet, thks

      Hapus
    4. Nah, betuul, kalau daftarnya langsung di bank dengan CS, kita bisa tentukan sendiri kapan tanggal autodebetnya.

      Trimakasih yaa sudah menambahkan 😊👍

      Hapus
  22. Kak mau tanya saya kan buat ATM mandiri terus sekalian buat trm jangka waktu jatuh tempo berapa lm ya kak dan saya memilih nominal tabungan 100 rb 1 bln dan apabila misal tabungan ATM sy 2 jt maka apa tiap bulan di potong 100rb dr saldo 2jt itu dan bila saldo trs tdk pernah di isi uang gimana ya soalnya masih bingung kpn bakalan jatuh tempo karena tabungan sampai berapa lm nabungnya tidak saya tulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Wahyu, saya coba jawab satu persatu yah 😁

      1. Kak mau tanya saya kan buat ATM mandiri terus sekalian buat trm jangka waktu jatuh tempo berapa lm ya kak

      Jawab: Jangka waktu jatuh temponya itu tergantung kamu daftar untuk berapa lama. Minimal sih 1 tahun setelah buka rekening TRM, tapi sekali lagi itu tergantung kamu buat TRM untuk jangka waktu berapa lama. Kalau daftarnya lewat aplikasi Mandiri Mobile sih jangka waktunya otomatis untuk 1 tahun.

      2. saya memilih nominal tabungan 100 rb 1 bln dan apabila misal tabungan ATM sy 2 jt maka apa tiap bulan di potong 100rb dr saldo 2jt itu

      Jawab: Iya, betul sekali, setiap bulannya rekening utama kamu akan ditransfer secara otomatis untuk dipindahkan ke rekening TRM.

      3. bila saldo trs tdk pernah di isi uang gimana ya soalnya masih bingung kpn bakalan jatuh tempo karena tabungan sampai berapa lm nabungnya tidak saya tulis

      Jawab: Nah ini sebaiknya dipastikan dulu ke bank, tanggal berapa jatuh temponya TRM kamu. Jangan lupa bawa buku tabungan dan data diri (KTP) yan sewaktu ke bank.

      Hapus
  23. 1. Kak, mandiri tabungan rencana ini kira2 sama dengan AXA ngga ya?

    2. Kalau sudah jatuh tempo, akan langsung otomatis masuk ke rekening utama kah kak atau bagaimana? Ada kemungkinan kah akan didebet lagi karna dianggap kita melanjutkan tabungannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Dinda Ega, makasih sudah mampir ke blog ini :)

      1. Kak, mandiri tabungan rencana ini kira2 sama dengan AXA ngga ya?

      Jawab: Kalau dibilang sama, saya nggak bisa jawab karena saya nggak paham juga AXA itu seperti apa T&C-nya. Yang saya tau, ketika daftar TRM sudah sekaligus dengan asuransi AXA juga.

      2. Kalau sudah jatuh tempo, akan langsung otomatis masuk ke rekening utama kah kak atau bagaimana? Ada kemungkinan kah akan didebet lagi karna dianggap kita melanjutkan tabungannya?

      Jawab: Yaps, kalau sudah jatuh tempo, saldo yang ada di TRM akan otomatis ketransfer ke rekening utama kita dan auto debetnya akan berhenti. Nggak akan didebet lagi kok kalau sudah jatuh tempo. Jika ingin melanjutkan kita diwajibkan untuk daftar lagi (tentunya akan mendapat nomor rekening TRM baru).

      Hapus
  24. maaf mau nanya saya kemarin kan buat tunjangan hari tua nah uang saya dah masuk kira kira di batalin itu kepotonh berapa persen yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, ini maksudnya TRM-nya ditujukan untuk tunjangan hari tua gitu? Kalau TRM dibatalkan sebelum masa jatuh tempo, potongannya Rp 150,000 ditambah biaya lain yang nominalnya bisa jadi berbeda-beda.

      Hapus
  25. Saya daftar tabungan berencana mandiri secara online, sekarang mau pembatalan. Dimana cari taunya prefiks sertifikatnya yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prefiks ada di sertifikat TRM, nah untuk dapet sertifikat TRM harus ambil di bank. Jangan lupa bawa buku tabungan dan identitas diri yaa.

      Hapus
  26. Aku tadi baru saja ke bank mandiri untuk mencairkan dana tabungan berencana mandiri saya ,katanya prosesk kerjanya 14 hr .klo boleh tau apakah masih dipotong biaya lain kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Proses kerjanya 14 hari ya? Waa, beda-beda ya ternyata, kemarin proses saya mencairkan TRM cuman butuh sehari saja. Apabila ada pengajuan proses pencairan sebelum masa jatuh tempo akan dikenakan potongan.

      Hapus
    2. Apakah kalau TRM sudah jatuh tempo tetap ada biaya 150rbu apa tidak ya


      Atay yang kena biaya 150rbu ketika kita membatalkan TRM sebelum jatuh tempo saja ??

      Hapus
    3. Halo, kalau sudah jatuh tempo, saldo TRM akan secara otomatis ditransfer ke rekening utama kita tanpa ada pemotongan biaya admin yaa.

      Yang kena biaya admin itu hanya untuk yang melakukan pembatalan atau pencairan sebagian 😊

      Hapus
    4. Halo ka mau nanya apakah say kmrin daftar trm,bisa ga ya dibagatalin

      Hapus
    5. Halo, coba cek di aplikasi Livin By Mandiri (Mandiri Mobile Apps), di menu Tabungan Rencana, muncul nggak pilihan untuk pembatalan rekening? Kalau muncul, kemungkinan bisa diproses pembatalan. Kalau nggak, coba langsung ke CS Bank Mandiri aja untuk konfirmasi pembatalan. Semoga membantu yah.

      Hapus
  27. Mbak...
    Klo TRM yg buat dr perusahaan bs gak kita sendri yg mencairkan uangnya..
    Masalah nya buku tabungan perusahaan yg megang,tp saya bs liat dan cek brapa uang masuk..waktu saya 5taon,taon depan februari sdh habis jatuh temponya,
    Yg saya tanya kan apa uang tersebut langsung masuk kerekening pribadi kita.?
    Mohon penjelasannya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Madiansyah :)
      Kalau sudah jatuh tempo, saldo di rekening TRM akan otomatis ketransfer ke rekening utama. Nah kalau bisa cek berapa uang masuk yang ada di TRM, asumsi saya berarti Madiansyah bisa akses ke akun rekening pribadi yang didaftarkan TRM ya? Berarti tinggal tunggu aja sampai masa jatuh temponya habis.

      Hapus
  28. Hallo kak ajeng, mau tanya kak
    21nov2019 saya buka trm untuk tenor 1tahun, bulan november sudah dilakukan setoran pertama dan autodebet bulan selanjutnya tiap tgl 11
    Yang saya bingung trm ini akan autodebet sampai bulan oktober atau november yaa? Karna kalau 12 bulan berarti akan berhenti autodebet di bukan oktober dan cair otomatis di 21november?
    Hitunganya 12x atau gimana yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Arina, salam kenal 😊 hitungannya tetep 12 bulan kok. Yang saya agak ragu sih ya, untuk setoran terakhir itu saya agak lupa, apakah waktu autodebetnya sehari sebelum tanggal jatuh tempo atau beberapa jam di tanggal jatuh tempo sebelum waktunya jatuh tempo. tapi yang jelas pas di waktu tanggal jatuh temponya 😁 Semoga nggak membingungkan yaa 🙏

      Hapus
  29. Haloo mau nanya, barusan saya daftar via mandiri online, tulisannya sudah berhasil namun belum ke autodebet. Apakah memang tidak langsung terautodebet atau bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seingat saya butuh waktu untuk selanjutnya ter-auto-debet. Agak lupa sih berapa jam setelah kita daftar, tapi di hari yang sama kok.

      Hapus
  30. Hallo kak mau tanya TRM ini kan sistem nya penarikan otomatis tiap bulan nih, nah sambil nunggu autodebet tiap bulan ini, kita bisa inisiatif transfer s ke TRM nya gak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget 😊 Nomor rekening TRM kita bisa kok ditransferin dari rekening mana aja. Jadi kalo misalkan suatu saat ada rejeki lebih gitu, bisa langsung cus ditransfer ke rekening TRM kita aja untuk saving, hehe.

      Hapus
    2. Apakah penambahan saldo saat ditransfer akan terlihat di aplikasi mandiri online ya?
      Karna kemarin sempat telat di auto debet , dan hari ini baru saya coba transfer ke rekening TRM tsb, tp saya cek saldo di TRM tidak bertambah padahal dari rekening induk mandiri sudah Berhasil terpotong..

      Hapus
  31. Masalahnya saya mau cairkan tapi..
    Ktnya serial nomor tabungan rencananya salah..

    Itu gmana ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Serial Nomor Tabungan", hmmm maaf saya nggak paham maksudnya gimana ✌️ Datang langsung ke bank Mandiri saja supaya bisa tertangani langsung dengan tepat 😊

      Hapus
  32. Kalo penerakina sebagian itu artinya kita masih lanjuf TRM untuk sisanya atau gmn ya ka ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai hai, setelah melakukan penarikan sebagian, auto debetnya tetep masih jalan kok, jadi kita tetap akan melanjutkan setoran ke TRM sampai dengan masa jatuh tempo selesai.

      Hapus
  33. Ka untuk pencarian yg sebagian itu nanti setelag di potong kita ttp lanjut TRM nya atau gmn ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo :) Iya betul, untuk penarikan sebagian, setelah nanti saldo kita dipotong dan ditransfer ke rekening utama kita, selanjutnya kita tetap akan melanjutkan setoran ke TRM.

      Hapus
  34. kak aku nyoba cairin tapi ada keterangan 'nomer serial rencana tabungan yg anda masukkan salah' itu kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh, istilah "Nomor Serial Rencana Tabungan" saya kok kurang paham ya. Nggak yakin itu apakah sama dengan nomor sertifikat. Yang saya tau kita diminta untuk masukkan 2 digit nomor prefiks dan 6 digit angka selanjutnya saja.

      Hapus
  35. Hallo kak.. Pernah ndak kk setor uang misal nya sebulan itu 200rb tp terkadang malah setor uang ny lebih.. Krn klo aq punya rizki lain kdang 1 bln ny bisa 1jt yg artinya lbh dri yg hrsnya
    Apa nnti akan ttp cair ksluruhan pas jatuh tempo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, wah toss dulu kalo gitu, saya sering banget malahan, wehehe. Kalau pas dapat rejeki lebih, saya sering juga transfer manual ke rekening TRM buat nambah-nambah tabungan.

      Tenang aja, nanti ketika jatuh tempo, akan ditransfer semua-muanya kok. Semangat terus nambahin TRM-nya yak! :D

      Hapus
  36. hai kak, untuk kasus trm saya, sudah saya cairkan 30% tanpa pembatalan, dlm jangka waktu seminggu uang yg dlm rekening kok kembali kedalam rekening trm ya? bisa bantu jawab?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai hai 😊 owhh udah dicairkan 30% ya, berarti itu pencairan sebagian. Proses pencairan sebagian itu berbeda dengan pembatalan. Kalau pencairan sebagian itu auto debetnya nggak berhenti. Tentu saja proses auto debet TRM-nya tetap masih berlanjut.

      Jadi, itu bukan uang dalam rekeningnya kembali lagi ke TRM ya, tapi ya memang TRM-nya nggak stop berhenti. Kalau ingin berhenti, lakukan proses pembatalan rekening TRM bukan pencairan sebagian 😁

      Hapus
  37. Itu kok ada biaya pinalti sebesar 150K itu biaya apa yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biaya penalti karena kita mencairkan TRM tidak sesuai dengan masa jatuh temponya.

      Hapus
    2. Halo kak, saya mau nanya sy rencana mau daftar utk tabungan MTR nya tapi saya masi bingung utk sistem setoran bulananya... seumpama nih kita pilih utk setoran tabungan 500 perbulan jadi itu otomasis terpotong 500rb perbulan nanti atau cuma 100 ribu.. tanpa kita tranfer manual kalo pas gada sinyal gitu... dan kalo kita pengen tranfef manual itu melebihi dri pilihan angka setoran sy 500rb itu bisa yah kak contohnya sy tranfer 1juta.

      Hapus
    3. Halo Roby :) Iyaa, kalau kamu pilih nominal setorannya Rp 500,000 berarti setiap bulannya secara otomatis rekening utamamu akan terdebit ke rekening TRM.

      Kalau pengen transfer manual bisa banget. Jumlah nominalnya juga terserah kita mau nentuin berapa. Mau 1jt, 2jt, bebaaass, hehehe.

      Hapus
  38. Halo kak,sy mau tanya info nih sy baru rencana mau buat tabungan TMR ini kan. nah sy masi bingung untuk aturan tabung menabungnya. Dsni setoran wajib perbulan 100ribu yah kak, tapi untuk tabung manualnya bisa kita tranfer bebas gak lebih dari 100rb gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Roby (lagi) :D Setoran 100ribu itu minimal kok. Bisa nentuin lebih dari itu. Mau 1jt, 2jt, 3jt, berapapun bisa sesuai dengan kemampuan bisa setor berapa tiap bulannya. Semangat nabung yaa!

      Hapus
  39. Mba mau tanya , saya nabung jg kemaren dibulan September yg pertahunan cair ,nah harusnya kan sudah cair otomatis kan ke rekening utama saya .tapi kok belum ada satu pun masuk sampe akhir bulan 10 ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah coba dicek dipastikan lagi dulu tanggal jatuh temponya seharusnya kapan. Bisa lewat aplikasi Mandiri Online atau Internet Banking Mandiri. Seharusnya kalau saldo ada dan selalu rutin setoran nggak ada masalah sih harusnya cair otomatis sesuai jadwal masa jatuh tempo.

      Hapus
  40. Hai kak, mau nanya dong. Misalnya saat ini saldo di MTR 1 juta, jatuh tempo nya April 2020. Kalau saya hanya mau cairin 300k gitu bisa berati ya kak? Kena biaya admin dll juga ga ya? Mohon infonya ya kak. Terima kasih🙏🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai hai, sepertinya typo ya? Hehe, maksudnya jatuh temponya April 2021 ya? Bisa kok dicairkan sebagian, tapi maksimal yang bisa dicairkan hanya 30% dari jumlah saldo TRM. Berarti kalau saldo TRM saat ini 1juta, bisa dicairkan maksimal 300rb. Tentunya tetap kena biaya admin, hehe 😁

      Hapus
  41. Alhamdulillaah info nya membantu sanget, hari ini fix tutup TRM yg belum jatuh tempo, awalnya kendala di perfiks sertifikat, setelah baca tulisan ini eksekusi pembatalan berhasil🥰🤩

    Terimakasii sanget mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, wah ikut seneng juga akhirnya bisa cair ya TRM-nya. Syukurlah kalau bisa membantu, terimakasih sudah meninggalkan jejak di sini, hehehe.

      Hapus
  42. Mau tanya min...
    Kl kita buka MTR sampai batas waktu yg ditentukan, apa tetap harus datang ke bank untuk minta sertifikat nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tidak berencana untuk melakukan pembatalan rekening atau penarikan sebagian saldo, tidak perlu minta sertifikat tidak papa. Karena kalau sudah masuk tanggal jatuh tempo, nanti TRM akan otomatis cair kok.

      Hapus
  43. Potonganya berapa persen kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya kemarin ada Biaya Penalti Rp 150,000 + Biaya Rp 5,000

      Hapus
  44. Min mau tanya seumpamanya kita nabung tiap bulannya 100rb jangka waktu 1thn, sudah masuk jangka waktu jatuh temponnya otomastis cair ke reg kita tar ada biaya admin nya atau sepenuhnya cari senilai 1,200 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak akan dikenakan biaya kalau TRM bisa selesai sampai dengan masa jatuh tempo. Jadi, kalau dari ilustrasi tadi, sepenuhnya cair Rp 1,200,000. Selamat menantikan TRM-nya cair yaa.

      Hapus
  45. Mind saya baru ajh daftar TRM dan sudah langsung di outodebit hari ini juga,tapi saya belum bisa cek lewat mobile banking gimana yh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, waduh kalau berdasarkan pengalaman saya beberapa kali buka TRM, setelah autodebet sudah aktif, kita bisa langsung lihat akun TRM via aplikasi Mandiri Mobile (ini beda ya sama Mobile Banking).

      Nah, kalo Mobile Banking, saya kurang tau nih, ada fasilitasnya apa enggak.

      Hapus
  46. minta sertifikatnya bs di mandiri cabang mana sajakah? atau di cab pembuka TRM? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta sertifikat TRM-nya bisa di cabang mana aja kok, nggak harus ke cabang tempat buka rekening Mandiri. Jangan lupa bawa buku tabungan sama KTP ya.

      Hapus
  47. Kak saya mau nanya kalo kita bikin TRM di bank mandiri tuh dapet asuransi juga nggak sih soalnya saya bikin TRM di bank mandiri kemarin udah setahun nah saya takutnya kayak punya temen saya kemarin bikin di bank jatuh nya di AXA dan uang nya hanya bisa di cairin semua setelah 5 tahun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Roy, yang saya tau TRM dan AXA Mandiri itu berbeda, dan nggak satu paket gitu kok. Meskipun, memang ada juga program AXA yang pakai TRM, tapi biasanya pasti dikonfirmasi di awal sewaktu daftar (saya dulu juga gitu soalnya), jadi bukan default harus ikut AXA juga.

      Nah, untuk case temannya Roy itu, mungkin sejak awal dia memang daftar dengan program AXA, bukan murni TRM. Jadi, kalau Roy mau daftar TRM, di awal pastikan dulu aja ke CS-nya ya. Semoga membantu menjawab :)

      Hapus
  48. Kak mau nanya soal TRM bikin di bank itu dapet asuransi kesehatan juga nggak ? Soalnya saya takut kalo saya bikin TRM tapi masuk nya malah asuransi soalnya saya udah setahun bikin TRM dan temen kemarin kayak gitu dan uang nya hangus pas udah setahun mau nyairin nggak bisa dan nunggu 5 tahun mohon infonya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Roy, yang saya tau TRM dan AXA Mandiri itu berbeda, dan nggak satu paket gitu kok. Meskipun, memang ada juga program AXA yang pakai TRM, tapi biasanya pasti dikonfirmasi di awal sewaktu daftar (saya dulu juga gitu soalnya), jadi bukan default harus ikut AXA juga.

      Nah, untuk case temannya Roy itu, mungkin sejak awal dia memang daftar dengan program AXA, bukan murni TRM. Jadi, kalau Roy mau daftar TRM, di awal pastikan dulu aja ke CS-nya ya. Semoga membantu menjawab :)

      Hapus
    2. Terima kasih kak say udah konfirmasi ke cs nya dan ternyata autodebet saya ke axa mandiri mungkin buat pengalaman saya aja sih ini supaya lebih memastikan lagi penjelasan nya

      Hapus
  49. kak kalau mau ubah setoran tiap bulannya gimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mega, setau saya kalau kita daftarnya via CS di Bank Mandiri, masih bisa ubah tanggal setoran lagi via CS. Tapi, kalau kita datar TRM-nya lewat aplikasi Mandiri Mobile, setau saya nggak bisa diubah.

      Hapus
  50. kak, saya mau tanya..
    saya baru bikin TRM lewat m-banking, terus saya transfer dari rekening saya ke rekening TRM, dan statusnya berhasil. tapi kenapa setelah saya cek saldo TRM, saldonya masih 0? Mohon bantuannya. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai hai, mungkin saat itu masih dalam proses settlement data transaksi ya? Tapi biasanya nggak butuh waktu lama kok, hanya dalam hitungan menit harusnya sih udah masuk. Coba dipastikan kembali saja ke CS Bank Mandiri ya.

      Hapus
  51. kak saya mau tanya..
    saya baru buat rekening TRM. lalu saya langsung transfer uang detik itu juga ke rekening TRM dan statusnya berhasil, tapi kenapa saldo rekening TRM saya tidak bertambah alias masih 0?. mohon bantuannya, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Kireina, salam kenal ☺️ Tenang aja, kemungkinan karena belum terekonsiliasi aja sistemnya waktu itu.

      Hapus
  52. Bisa gak kak dapet no sertifikat nya tanpa harus ke bank nya ?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, untuk sertifikat TRM, sampai saat ini masih belum bisa didapatkan selain harus datang ke Bank Mandiri yah.

      Hapus
  53. HAI KAK, saya mau tanya misalkan sudah dibatalkan TRM nya terus mau daftar lagi bisa ga ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai hai, kalau TRM sudah dibatalkan, bisa banget kok daftar TRM lagi. Tentunya dengan nomor rekening TRM yang berbeda yah.

      Hapus
  54. aku ikut TRM maret 2019 jangka 1th. tempo tiap tgl 10. masalahnya aku lupa =D ternyata Oktober itu dah setor terakhir.

    Nov-Des-Jan belum setor. udah otomatis ketutup belum yaaa �� (efek habis nikah jadi lupa dan selalu isi saldo direkening beda bank soalnya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, sebenernya kan pada saat bulan pertama telat bayar, di bulan selanjutnya sistem bank akan secara otomatis auto debet 2x (pembayaran untuk bulan sekarang + bulan kemarin), nah ini tentunya sangat bergantung dengan kondisi saldo di rekening utama Mandiri ya. Kalau ternyata sisa saldo di rekening utama juga nggak cukup, maka akan terakumulasi di bulan selanjutnya juga. Kalau sampai dengan 3 bulan telat bayar terus, bisa dipastikan udah tutup otomatis TRMnya.

      Hapus
  55. hai ka..
    mau tanya.
    aku kan buka TRM 27 feb 20. itu sudah setoran pertama.
    per bulan kan 100rb. 27 jan kemarin, udah 1 tahun, tabungannya udah 1.2 kan.
    jatuh temponya tgl 27 feb 21. nah, tgl itu apa masih ada auto debet??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih kena auto debet ya, timingnya antara pagi-pagi banget atau tengah malemnya sebelum dicairkan semua.

      Hapus
  56. Bila tidak setor selama 3 bln berapa denda yg harus dibayar mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Windy, sejujurnya saya belum pernah ada pengalaman telat bayar 3 bulan. Cuman, andai andai mau berasumsi, mungkin jumlah nominalnya nggak jauh beda dengan denda yang dikenakan pada saat pembatalan rekening (kurang lebih Rp 150,000-an).

      Tapi itu asumsi saya yah, ehehe, bisa dipastikan lagi aja ke Mandirinya.

      Hapus
  57. Kak saya mau nanya, itu kan temen saya mau trsfr ke no rekening saya yang giro dan ternayata dia nyatet nya no rekening MTR berhubung belum masuk uang nya apakah kalau saya batalkan MTR Nya uang masih bisa masuk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, menurut pengalaman saya, waktu yang dibutuhkan untuk memproses transfer uang ke rekening TRM itu nggak lama, nggak sampai 10 menit. Asumsi saya sih, kalau TRM-nya dibatalkan berbarengan dengan proses transfer yang "katanya" belum masuk tadi, mustinya kalau proses pembatalan TRM-nya selesai lebih dulu, maka transfernya juga akan gagal. Tapi kalau pun transfernya berhasil, nanti selepas batalin TRM-nya juga dananya akan masuk ke rekening utama Mandiri kita harusnya.

      Hapus
  58. Benar tidak kah ktanya trm uangnya tidak bsa d cairkan ktanya sudah bnyak kasus terjadi dengan axa mandiri .
    Mohon penjelasannya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Nond Anah, untuk program TRM yang berafiliasi dengan AXA Mandiri, tentu saja mempunyai term & condition sendiri yah, dan saya nggak paham seperti apa ketentuannya.

      yang saya tau TRM dan AXA Mandiri itu berbeda, dan nggak satu paket gitu kok. Meskipun, memang ada juga program AXA yang pakai TRM, tapi biasanya pasti dikonfirmasi di awal sewaktu daftar (saya dulu juga gitu soalnya), jadi bukan default harus ikut AXA juga.

      Nah, yang saya share disini itu adalah murni TRM tanpa AXA Mandiri. Jadi, kalau mau daftar TRM, di awal pastikan dulu aja ke CS-nya ya. Semoga membantu menjawab :)

      Hapus
  59. Mau tanya kak saya baru ikut setelah di tawari orang bank.jdi saya setoran rutin 300 tapi kenapa pas saya mau nabung lewat mbangkin kok malah saldo gak bertambah harus ny bertmabh jdi 600 malah di cek tetap 300 kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Melani Puspita, TRM itu nanti ada rekeningnya sendiri yah, jadi terpisah nanti pencatatannya dengan rekening utama. Saldo TRM tentunya tidak langsung masuk ke rekening utama (kecuali memang dicairkan). Di aplikasi Mandiri Online nanti di bawah ada kok menu khusus untuk lihat saldo TRM kita. By the way, aplikasinya sekarang udah ganti nama jadi Livin by Mandiri.

      Hapus
  60. Haloo kak..
    Aku mau nanya, kan yang MTR itu autodebet ya? Jadi kita cuman harus mastiin aja saldo di tabungan kita cukup? Gitu ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo halo PPPP, wkwkkw kok geli dewe saya baca namanya. Iyaaa bener, udah auto debet, kita tinggal mastiin aja saldo di rekening utama selalu cukup buat setor bulanan TRM.

      Semangat menabung yak!

      Hapus
  61. Mbak mau nanya saya kan buat TRM 30 desember 2020 via online terus saya minta pemindahan tanggal nya di tanggal 2 januari jd saya di printkan oleh CS file kertas permohonan jatuh tempo yang di kirim ke Pihak PT.mandiri , Bulan ke 2 di bulan feberuari masih aman karna di potong sesuai pengubahan tanggal nya . Tapi kenapa di bulan maret pemotongan TRM saya malah lebih sejuta karna saya nabung sejuta perbulan tapi bulan ini malah 2 juta yg kepotongan. Kira2 apakah uang yang terpotong sejuta itu bisa kembali???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai hai Muhammad Juanda, maksudnya kembali ke rekening utama ya? Tentu bisa, tapi ya setelah jatuh tempo, hehe. Nah, kalau soal alasan kenapa ditariknya kedobel, itu saya kurang paham kenapanya, maaf ya belum bisa bantu jawab kalo soal itu.

      Hapus
  62. Kemarin saya cairkan TRM tapi nomor prefek sertifikatnya ngawur aja berhasil kok. cuma isi AA 000000 soalnya waktu bikin gak dikasih. sertifikat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Indra Saputra, wah saya malah baru tau kalo bisa aja diisi sembarang, nggak pernah coba-coba yang diluar prosedur. Waktu itu apakah pas lagi ngebug aplikasinya atau gimana yak?

      Soalnya aneh sih kalo bisa diisi sembarangan, itu kan bisa jadi ada celah kalo kayak gitu.

      Hapus
  63. Kak saya mau tanya saya hari ini kan transfer dri rek mndiri utama KE TRM. Status sukses. Tpi knpa saldo blum brtmbah ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Pupung, itu udah dipastikan yah cek saldonya di rekening TRM? Hehe. Kalau belum bertambah, mungkin karena masih rekonsiliasi, pengalaman saya, biasanya sih nggak sampe lebih dari 10 menit.

      Hapus
  64. Minimal berapa lama sudah menabung di mtr, untuk pembatalan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Billy Aditama, untuk pembatalan TRM Bank Mandiri nggak ada minimal waktu join berapa lama. Tapi kalau mau pencairan sebagian, minimal harus 1 tahun dulu.

      Hapus
  65. Biasanya kl minta prefiksnya itu berapa hari ya prosesnya, sy sdh ke kantor cbng tp msh blm dpt email jg Dr Bank mandiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Widiarti, cepet banget kok ngurusnya, nggak sampai seharian dateng ke CS Bank Mandiri langsung dilayani dan dicetakkan sertifikat. Jadi sertifikat itu yang selama ini saya terima, bentuknya itu hardcopy, seperti kertas sertifikat begitu, jadi bukan dalam bentuk soft file yang bisa dikirim melalui email.

      Hapus
  66. Kak mau tanya dong. TRM saya kan belom jatuh tempo, malah saya kelupaan buat isi saldo di atm saya. Lalu sudah saya batalkan awal mei lalu. Lalu kok awal juni ini malah nyedot saldo atm saya kak padahal saya sudah kena dana penaltinya. Mohon solusinya kak terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Casenya agak aneh ya sepertinya. Hmm, waktu proses pembatalan itu, apakah sudah dipastikan kalau dana di TRM sudah cair seluruhnya? Saya kurang paham juga, jangan-jangan mungkin dikarenakan ada telat bayar (kurang dari 3 bulan), proses pembatalannya jadi gagal diproses dan akhirnya di bulan berikutnya masih kena auto debet lagi.

      Coba segera dikonfirmasikan lagi saja ke Bank Mandiri yah, biar bisa tertangani dengan baik.

      Hapus
  67. Kak mau nanya dong dulu kan awal buka TRM dapet sertifikat polis dr bannk.. trus buka lagi via mandiri online tanpa ke bank. Itu untuk sertifikat polis masih sama yang di awal apa perlu minta lagi ke bank yaa??
    Makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, setiap rekening TRM itu memiliki sertifikat sendiri-sendiri. Jadi, kalau kemarin sempat bikin baru lagi, apalagi prosesnya lewat aplikasi Livin by Mandiri (dulu namanya Mandiri Online) tetep harus minta sertifikat ke bank. Yah terkecuali memang sudah sejak awal kamu nggak ada niatan untuk mencairkan TRM di tengah jalan.

      Hapus
  68. syarat2 untuk minta sertifikat polis apakah bisa di wakilkan atau harus brangkat sendiri,,,...
    mohon penerangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sekali, saya nggak paham kalau untuk perwakilan pengambilan Sertifikat TRM apakah bisa atau ndak, ini harus ditanyakan ke call center Bank Mandiri.

      Tapi misalkan mau dicoba, kalau saran saya mungkin perlu menyiapkan surat kuasa gitu kali ya, yang menyatakan bahwa pemilik rekening TRM bersedia untuk diwakilkan, jangan lupa juga bagi yang mau mewakili bawa identitas KTP. Mmm, buku tabungan dari pemilik rekening TRM juga perlu dibawa.

      Semoga sedikit membantu, tapi lebih baik dipastikan lagi aja ke Bank Mandiri-nya ya 😁

      Hapus
  69. Hi kaa klo pencairan trm sblm jatuh tempo via livin mandiri, uangnya di trf ke rekening mandiri terdaftar berapa lama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Putri 😊 proses pencairan TRM dari Livin by Mandiri cepet banget kok, nggak sampai 15 menit biasanya.

      Hapus
  70. Hallo kak mau nanya. Hari ini jatuh tempo mtr sudah cair. Dulu waktu buat mtr cs nya bilang ada keuntungan bunga nya. Tapi kok cairnya cuma dana yg saya tabung aja ya selama setahun. Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, yang selama ini saya tau, TRM itu nggak ada keuntungan berupa tambahan bunga. TRM itu konsepnya ya seperti nabung di celengan tanah liat aja. Keuntungannya hanya uangnya nggak akan bisa kita tarik sewaktu-waktu, jadi kita nggak akan tergoda buat cairin karena kalo mau cairin sebelum masa jatuh tempo, kita perlu effort lebih.

      Nah, berkaitan dengan informasi yang kamu terima di awal, dikonfirmasikan lagi aja.

      Hapus
  71. Min klo qta ada keterlambatan dlm pembayaran TRM perbulan di kenakan berapa ya??? Soalnya kmren saya telat 2 blan. Dan sekarang jga 2 blan. Lngsng ke tf otomatis 600 utk blan ke 3 jga. Saya ikut yg 200. Mohon petunjuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, saya juga pernah mengalami terlambat bayar. Tapi, seingat saya nggak ada dendanya sih. Hanya kita akan ditarik sejumlah berapa kali kita telat bayar. Misal kalau perbulan setorannya 200ribu, kalau telat bayar 2 kali, berarti ketarik 600ribu :
      • 200ribu untuk telat bayar bulan 1 (+)
      • 200ribu untuk telat bayar bulan 2 (+)
      • 200ribu untuk bayar setoran bulan sekarang

      Hapus
    2. Maaf ni bantu jawab,sebener ny ad denda nya tp cm 5rb klo ga salah krn ggal transfer..

      Hapus
    3. Ooowh ada yah ternyata 🤣 terimakasih banyak sudah bantu jawab 🙏

      Hapus
  72. Ka kmrin q cek saldo itu Juli tinggal 23 ribu. Jatuh tempox itu kpn ya?? Trs apa langsung msk ke saldo rekeningku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, tanggal jatuh temponya itu sama dengan tanggal yang kamu setup untuk auto debet. Jangka waktunya tentunya menyesuaikan berapa lama jangka waktu TRM kamu yah. Semoga membantu 😊

      Hapus
  73. Malam kak, aku ikut TRM 6 tahun. Ini sudah berjalan 5 tahun. Karena ada kebutuhan mendadak mau saya ambil penuh. Dokumen apa yang harus sy bawa ke bank kak? Apakah cuma ktp sama buku tabungan? Trus biasanya prosesnya lama tidak ya? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo 😊 yess betul, hanya KTP dan buku tabungan saja. Untuk prosesnya relatif cepet kok. Paling cuman nunggu beberapa menit untuk dicetakkan sertifikat TRM-nya.

      Hapus
  74. Mba aq mau tanya,,klo livin mandiri skrg kan berubah k new livin,trs disitu ga ad pilihan untuk pembatalan TRM ny,,apa harus k bank ya,,atw aq ny yg ga ngerti sm aplikasi yg baru ya..😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. NAAAH! Semenjak ada aplikasi baru Livin by Mandiri (yang versi 2021) itu sekarang jauh lebih mudah, nggak perlu lagi masukin nomor sertifikat TRM. Jadi, bisa langsung memproses pencairan tanpa repot harus dateng ke bank untuk minta sertifikat lagi sekarang. Lebih mudah bangeeet sekarang pokoknya sejak ada aplikasi baru Livin by Mandiri ini 😊

      Nama menunya memang bukan "Pembatalan TRM" yah, nama menunya "Tutup Tabungan". Semoga membantu yah 😁

      Hapus
  75. setelah jatuh tempo kira2 jam brapa baru bsa dicairkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah saatnya jadwalnya jatuh tempo, biasanya akan dicairkan malam hari.

      Hapus
  76. Ka kalo sudah melakukan tutup tabungan, bisa ngga ya di kemudian hari buka lagi tabungan rencananya?

    BalasHapus
  77. Mba kalo sudah melakukan tutup tabungan, bisa ngga ya di kemudian hari saya buka tabungan rencananya lagi?

    BalasHapus
  78. Untuk penacairan tabungan rencana..BIASANYA JAM BrP BOS

    BalasHapus

Instagram

Diary Baik Hari Ini. Theme by STS.