Pengalaman Melahirkan di Puskesmas Tegalrejo Yogyakarta Part 2

Yogyakarta, Special Region of Yogyakarta, Indonesia
╰  Tulisan ini lanjutan dari Part 1 disini  ╯


Proses persalinan di puskesmas

Pada akhirnya yang bisa dilakukan ya pasrah terus berdoa, merelakan sepenuhnya pada Allah SWT. Akhirnya sudah siap dan dibolehkan buat ngeden. Tapi, sebelum itu, bu bidan membriefing saya terlebih dahulu. Ya, briefingnya dalam keadaan posisi saya udah nggak tahan lagi pengen cepet-cepet kelaaaarr ngeden, hahaha. Secara singkat dijelasin oleh bidan cara ngeden dan ambil nafas saat dirasa sudah mulai lelah. Sesaat oh saya teringat, ini seperti yang video Youtube itu, oke baik, yok saatnya praktek Ajengmas!

Proses lahiran anak pertama saya Alhamdulillah nggak butuh waktu lama, kata bapak suami yang jadi saksi dan korban tangannya saya penyet-penyet sih berjalan ±30 menit. Yang lama itu proses jahitnya, wkwkwk. Hampir sejam seingat saya kala itu. Dan bener kata orang-orang, ternyata rasa sakitnya ketika dijahit itu nano nano sedep 😂 Tapi tenang bu ibu nggak perlu takut, rasa sakitnya keslamur karena saat itu disambi proses IMD (Inisiasi Menyusui Dini). MashaAllah, untuk pertama kalinya melihat wajah bayi kecil mungil itu, perasaannya nggak bisa saya deskripsikan, hanya bisa terus memanjatkan puja puji syukur pada Tuhan, Alhamdulillah bayi mungil saya lahir sehat, tanpa kurang suatu apapun, Alhamdulillah semua prosesnya dilancarkan dan dimudahkan. 


Sesaat setelah selesai persalinan, si kecil langsung dirawat dan dibersihkan oleh bidan. Baru setelah itu Ia didekapkan ke dada saya untuk IMD. Jam 10:00 masuk ke ruang persalinan puskesmas, sore selepas adzan mulai proses lahiran, magrib saya dipersilahkan oleh bu bidan untuk istirahat di bangsal. Alhamdulillah, keseluruhan proses persalinannya tergolong cepat. 

Selesai persalinan saya dipersilahkan untuk bersih-bersih ganti baju dan istirahat. Pakai daster ajah ditambah sarung biar set set set cepet makenya nggak ribet. 

Kita nggak bisa milih siapa yang akan menolong kita

Seingat saya, beberapa hari sebelum HPL tiba, jika kita berencana untuk melakukan persalinan di Puskesmas Tegalrejo, kita diharuskan untuk mendaftarkan diri untuk persalinan terlebih dahulu. Bu ibu bisa juga daftar online kok, nggak harus datang ke puskesmas. Daftar onlinenya seperti apa, sudah saya bahas di tulisan ini. Nah, kebetulan sih kalau saya kemarin daftar persalinannya langsung di puskesmas karena memang pas ngepasi jadwal kontrol. Prosesnya nggak ribet, hanya mengisi formulir, kemudian akan dijelaskan persiapan apa saja yang perlu dilakukan dan disiapkan saat hari H tiba. Ada sejumlah daftar barang-barang yang harus dibawa sendiri dan yang sudah disiapkan oleh pihak puskesmas. Sayangnya, listnya sudah hilang entah kemana, huhu jadi nggak bisa saya share, maafkeun.

Nah, sebelum waktu persalinan tiba, saat pendaftaran itu saya sempat request ke bidan di Puskesmas kalau pengennya besok persalinan sama bidan aja (yang udah pasti perempuan). Tapi kala itu saya dijelaskan bahwa kondisinya mereka nggak bisa memastikan apakah dokter yang jaga saat itu perempuan atau laki-laki. Kalau ngepasi ada dokter yang jaga maka proses persalinan akan ditangani langsung oleh dokter yang jaga waktu itu.

Hyaaa, oke baik. Kita emang enggak bisa milih siapa yang akan menolong kita di saat kita membutuhkan. Ya sudah, terima nasib saja besok, nggak usah ngengkeng dan ngeyel, tah sudah jadi keinginan sejak awal untuk lahiran di puskesmas. Memaksa ini dan itu hanya akan bikin orang lain sebel dan berpotensi mengurangi keikhlasan. Tah, jikalau akhirnya nasib membawa saya ditangani oleh dokter laki-laki, saya dan dia benar-benar dalam keadaan jadi stranger. Nggak pernah berinteraksi sebelumnya, jadi pertemuan kami besok murni karena memang kehendak Tuhan. Dia siapapun itu adalah orang baik yang dikirimkan oleh Tuhan untuk menolong nyawa saya dan anak saya. Bagi saya, ini bukan satu hal masalah besar. Tapi mungkin untuk sebagian ibu ibu hal ini perlu jadi bahan pertimbangan.

Ruang persalinan di Puskesmas Tegalrejo

Bersih dan nggak neko-neko. Dua hal yang bisa saya deskripsikan. Bener-bener bersih dan cukup nyaman buat saya. Ruang persalinan berada di lantai 2. Di sana disediakan tiga tempat tidur seingat saya, salah satunya berada di dekat alat USG. Yap, di Puskesmas Tegalrejo tersedia USG yaa bu-ibu, jadi nggak perlu khawatir, pernah saya bahas juga di tulisan saya sebelumnya di sini. Selain pemantauan detak jantung bayi, alat USG tentu saja penting banget yaa untuk bisa memantau lebih detail pergerakan bayi.


Di ruang persalinan saya nggak merasa ada yang mengganggu sih. Tapi mungkin satu hal yang perlu jadi pertimbangan bu-ibu, kalau saat tindakan kita nggak bisa yang bener-bener private gitu, karena kalau pas ada barengan ibu lain yang juga menunggu persalinan, kita harus share ruangan 😁 itu aja sih mungkin yang perlu jadi pertimbangan.

Ruang istirahat ibu di Puskesmas Tegalrejo

Ruang istirahat untuk ibu pasca melahirkan di Puskesmas Tegalrejo itu tepat di belakang ruang tindakan persalinan. Ruangannya ber-AC dan setiap kamarnya disekat dengan dinding partisi yang tebal. Ada tempat tidur ibu, box bayi, dan kursi untuk penunggu. Meskipun sederhana, tapi untuk menginap satu malam aja sudah sangat cukup kalau menurut saya. Apalagi, kamar mandinya juga bersih meskipun hanya tersedia 1 kamar mandi untuk seluruh pasien.

Untuk fasilitas makanan yang didapat, saya cuman dapet suguhan makanan 2x sewaktu sarapan pagi hari & makan siang. Buat saya kala itu nggak masalah juga karena jujur seringnya kalau mondok di RS aja saya lebih suka beli maem di luar juga 😂 dan waktu itu siangnya kan juga udah dibolehin pulang.

Biaya melahirkan di puskesmas

Sejak saya masuk ruang persalinan sampai dengan dipersilahkan pulang, kami nggak dikenakan biaya apapun karena sudah ditanggung BPJS. Saya pengguna BPJS kelas 1 dan kembali di keterangan awal, bahwa tidak ada perbedaan pelayanan untuk pasien mandiri maupun pengguna asuransi ya. Semua fasilitas yang diberikan oleh Puskesmas Tegalrejo berlaku sama untuk seluruh pasien.

Kalau nggak ditanggung BPJS, alias mandiri, biaya melahirkan di Puskesmas Tegalrejo di tahun 2021 itu ±Rp 700,000 (akan bertambah jika ada tindakan khusus lainnya) informasi ini dikutip dari berita ini.


***

Demikian bu-ibu pengalaman persalinan saya di Puskesmas Tegalrejo Yogyakarta. Secara keseluruhan, saya puas sih melahirkan di sini. Nggak ada hal-hal yang bikin kapok buat saya. Semuanya sesuai ekspektasi, sesuai prediksi. Saya juga dilayani oleh bidan-bidan yang cak cek cekatan, passionate, ramah, tegas tapi nggak galak nyebelin. Untuk persalinan yang kedua sejujurnya pengen di sini lagi, cuman sayangnya, selama pandemi ini mereka membatasi untuk nggak lagi longgar menerima pasien dari luar domisili. 



Credit ⎯ Photo header by insung yoon on Unsplash

Posting Komentar

Instagram

Diary Baik Hari Ini. Theme by STS.