Cara Menghapus Link Bitly

cara-menghapus-bitly

Pengalaman mencari cara menghapus link Bitly ini muncul sewaktu beberapa waktu yang lalu saat saya menjadi panitia sebuah acara webinar online. Berangkat dari mekanisme pendaftaran online peserta yang ingin mengikuti acara tersebut adalah dengan mengisi data diri melalui Google Form. Ya, seperti biasa, Google Form selalu jadi pilihan favorite untuk menangani hal-hal semacam ini, tentu saja karena lebih mudah dan cepat jika dibandingkan dengan platform lainnya seperti Typeform atau Form Microsoft.

Berawal dari kebutuhan untuk membatasi waktu tayang Google Form yang sudah dibuat. Karena waktu pendaftaran acara webinar kala itu memang dibatasi hanya sampai dengan H-2 acara, maka kami harus membuat supaya shortlink Bitly yang mengarah ke form registrasi acara harus dinonaktifkan secara otomatis, sehingga calon peserta yang ingin mendaftar setelah batas akhir tanggal pendaftaran sudah otomatis tertolak tanpa kami harus repot-repot melakukan setup secara manual.

Sebetulnya sih, kami sudah memasang plugin Form Limiter di Google Form yang berfungsi untuk membatasi waktu tayang formulir pendaftaran online. Hanya saja, ada hal yang membuat kami jadi was was karena saat batas waktu sudah diset, ternyata kami masih mendapati ada peserta yang bisa mendaftar. Dari keresahan dan ketidakpercayaan itulah maka saya mencari cara untuk menghapus link Bitly, karena bagi saya kala itu, menghapus link Bitly adalah satu-satunya cara yang valid untuk memastikan tidak ada lagi peserta yang dapat mengakses link pendaftaran. Meskipun saya pribadi sih ada kecurigaan human error disana; sepertinya ada seseorang dengan role Admin yang melakukan klik pada link seperti di bawah ini.

form-limiter-google-form
Sepertinya ada seseorang yang memiliki akses sebagai Admin yang tidak sengaja klik link tersebut.

Setelah sekian purnama menggunakan Bitly ealah baru kali itu saya tau kalau ternyata nggak ada cara menghapus Bit.ly jadi, nggak bisa kita hilangkan begitu saja gaes! Saya sudah coba untuk ngakalin dengan mengubah shortlink menggunakan keyword yang berbeda. Asumsinya kan ya orang-orang nggak bakal tau tuh shortlinknya yang baru seperti apa dan asumsinya link yang lama udah gone lenyap. Tapi, ternyata tetep aja ketika seseorang mengakses Bitly dengan shortlink yang lama (URL awal) tetep aja Google Formnya bakalan muncul lagi dan lagi.

Jadi, kesimpulannya adalah satu-satunya cara untuk membatasi waktu tayang Google Form, ya menggunakan plugin Form Limiter dengan benar 😂 Dan jangan lupa untuk memastikan setting waktu AM/PM sudah tepat ya, karena kemarin sempet aja gitu salah milih AM/PM buat jam 12 malam, hahaha. Hayo, kalo jam 12 malam itu pakenya AM atau PM? 

Posting Komentar

Instagram

Diary Baik Hari Ini. Theme by STS.