Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Rumah Lama Panggonan Ngopi

June 28, 2018 Ajengmas Restia 16 Comments Category : , , ,

rumah-lama-panggonan-ngopi-omah-sor-sawah-jogja-ajengmas

Rumah Lama Panggonan Ngopi, tempat ngopi baru yang belum lama ini saya cobain, bikin saya nggak sabar banget buat rekomendasiin. Sepulang dari sana, pengen cepet-cepet ngedit foto dan nulis postingan ini. Rasanya sudah lama sekali sejak dibilang kalau ada tempat ngopi baru yang nuansanya mirip sama tempat ngopi yang dulu. Lokasinya agak tersembunyi di bagian selatan Jogja, Jl. Taman Siswa No.25, tepatnya satu lokasi dengan Hotel Omah Sor Sawo. Ancer-ancernya nggak sulit, ada gang di timur jalan tepat di depan Tempo Gelato Tamansiswa, nah masuk ke jalan kecil itu 😊

Ketika sampai di lokasi, langsung bisa terlihat bangunan Rumah Lama berbentuk joglo dengan nuansa interiornya yang mengusung tema tradisional, bener-bener berasa "rumah lama". Fasilitas yang disediakan disini juga cukup lengkap : toilet yang bersih, mushola, meja panjang untuk kalian yang suka nongkrong rombongan, koleksi buku, dan tentunya koneksi internet.

rumah-lama-panggonan-ngopi-omah-sor-sawah-jogja-ajengmas

Rumah Lama ternyata nggak hanya jadi "panggonan ngopi", tapi juga menyediakan menu minuman tradisional seperti Bir Pletok. Ada yang penasaran sama minuman ini? Monggo mampir ke nasirullahsitam.com yang sudah berbagi cerita tentang pengalaman menyeduh minuman ini 😊 Selain itu tersedia juga cemilan, dan makanan berat. Pilihan menunya cukup beragam. Bagi kalian yang nggak suka kopi, ada menu susu dan teh juga kok. Oiya, salah satu makanan berat yang paling menarik perhatian saya adalah bakmie jowo πŸ˜†

rumah-lama-panggonan-ngopi-omah-sor-sawah-jogja-ajengmas

Kopilami

Berkesempatan untuk mencicipi sajian latte yang punya citarasa khas. Nama menu lattenya adalah Kopilami, terdiri dari campuran cafe latte dipadu padan dengan racikan ekstra rempah-rempah rahasia dan gula aren. Rasanya unik, authentic, minuman seharga Rp 21.000,- ini salah satu menu kopi yang wajib dicoba kalau kalian sedang bosan dengan kopi hitam.

rumah-lama-panggonan-ngopi-omah-sor-sawah-jogja-ajengmas

Baca juga : Dongeng Kopi Jogja, Jatuh Cinta Pada Kesan Pertama

Selain Kopilami, ada juga menu Kopi Sultan. Kalau Kopilami menggunakan campuran pemanis gula aren, Kopi Sultan ini adalah kopi hitam pekat yang dicampur susu kental manis dan sari kelapa. Sayangnya kemarin saya nggak sempat mencoba Kopi Sultan, saya lebih tergoda buat icip V60-nya. Karena disajikan menggunakan cangkir yang terbuat dari gerabah, rasanya berasa lebih legit.

rumah-lama-panggonan-ngopi-omah-sor-sawah-jogja-ajengmas

Kopi Jambon

Nah, untuk minuman dinginnya, saya merekomendasikan untuk mencoba Kopi Jambon. Ini adalah minuman kopi yang dicampur dengan karamel, espresso, red velvet, dan susu yang diatasnya diberi topping whipped cream. Ini juga rasanya unik. Kalau diliat dari penyajiannya, kayaknya biasa aja gitu, malahan difoto saya ini mirip jus jambu πŸ˜… *maafkan keamatiran saya* tapi begitu dapet tegukan pertama, hmmmm, bikin senyum-senyum sendiri, beneran. Rasanya unik! Manisnya pas, dan nggak ninggal di tenggorokan.

rumah-lama-panggonan-ngopi-omah-sor-sawah-jogja-ajengmas

Makanan Mengenyangkan

Buat kalian yang juga butuh asupan perut dengan makan berat, tenaaang, nongkrong di Rumah Lama Panggonan Ngopi juga ada menu makanan besar. Ada bakmi goreng, bakmi godhog, nasi goreng, dan magelangan. Tapi kalau pengen sekedar nyemil-nyemil aja, kalian bisa pesan pisang goreng atau kue.

rumah-lama-panggonan-ngopi-omah-sor-sawah-jogja-ajengmas
rumah-lama-panggonan-ngopi-omah-sor-sawah-jogja-ajengmas

Ada yang spesial dengan makanan berat di Rumah Lama Panggonan Ngopi, semuanya dimasak dengan tidak menggunakan micin atau penyedap rasa ber-MSG. Makanan beratnya menggunakan Totole sebagai bumbu penyedap rasa.

Totole adalah penyedap rasa alami yang terbuat dari jamur. Lebih lengkapnya, kalian bisa mampir ke blog Dapur Mama Badar yang pernah review tentang Totole ini.

rumah-lama-panggonan-ngopi-omah-sor-sawah-jogja-ajengmas

Rumah Lama Panggonan Ngopi nyaman banget buat dipake ngendon (baca : nongkrong lama). Suasananya sepi, mau sore atau malam, sama-sama enak buat nongkrong, ngumpul sama temen atau rame-rame sekeluarga. Lokasinya yang ada di dalam kampung juga salah satu yang bikin tempat ini nyaman. Di sekelilingnya banyak tanaman hijau, ada pohon sawo yang tinggi dan berdaun lebat, makanya namanya Omah Sor Sawo (Rumah di bawah pohon sawo).

Yang paling saya sayangkan dari tempat ini cuman satu, lokasinya jauuuh dari rumah πŸ˜” Jadi kalau mau main kesini, harus bener-bener meluangkan waktu. Beruntunglah kalian yang tinggal di daerah selatan Jogja. Okedee, sekian cerita singkat tentang tempat ngopi baru ini, mudah-mudahan bisa jadi racun baru yaa, hehehe. Sampai jumpa lagi di tempat ngopi yang lain πŸ™Œ

rumah-lama-panggonan-ngopi-omah-sor-sawah-jogja-ajengmas

RELATED POSTS

16 comments

  1. Semangat betul, baru kemarin ke sini makan magelangan dan ngopi, langsung ditulis hahahahahah.

    Kata Aqied, kamu itu kemana-mana tetap jauh, yang dekat cuma ke tempat makan yang di ringroad barat :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahahaa, iyaa betul sekali, akibat rumah mlosok. Deketnya cuman sama Omah Kecebong πŸ™ƒ

      Delete
  2. baru tau kalo bakmi nya pake Totole. yaampun bakmi godognya enaaaaak. habis sampe se kuah2nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaaa, tanpa micin ber-msg, dan tetap miroso 🀘 jarang-jarang tempat ngopi enak yang ada makanan berat dan enak, hehe.

      Delete
  3. Kamu minum kopi senyum2 sendiri karena rasanya unik atau.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena tak ada kamu disisiku, kalau ada kamu, aku minum kopinya sambil istighfar.

      Kapaaaan mencicip kesana? Ah elaahhh.

      Delete
  4. Informasi yang cukup bermanfaat, taman siswa mah dekat, biasanya gowes. Cobain apa yah..hehe

    Kan ah, jadi penasaran aku, Teh..he
    Tertarik untuk cicip magelangnnya eung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Andi, salam kenal 😁
      Wahini memang patut dicoba, jangan lupa nyicip bakmi godhognya!

      Habis gowes, perut krucuk krucuk, terus melipir bentar ke Rumah Lama πŸ‘πŸΌ

      Delete
  5. aku baru tau ada rumah lama ini, ah pengen kesana ah nyobain nongkrong disana keknya asik buat nongkrng gitu yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiiiiik Ca, menunya juga enak enak, apalagi kopinya recommended πŸ‘πŸΌπŸ‘πŸΌ

      Delete
  6. Y ampun rumah joglonya, bikin ngangengin, jogja emang ngangenin yahh, ahh mau coba kesini juga kalau lagi di jogja hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo Meta 😊 *semoga nama panggilannya bener ✌🏼

      Yaps, jogloan gitu. Wahiyaa rekomendasi masukkan list kalo pas main-main lagi ke Jogja, hehehe. Lokasinya juga gampang dicari kok.

      Trimakasih yaa sudah bersedia mampir kesini.

      Delete
  7. Wahaha ngendon ternyata nongkrong lama yaaa, saya baru tau bahasa ini... saya pikir ngendok disana sampe betahnya gak mau keluar keluar lagi :v.. Wahhh mba ajeng tinggal di Yogyakarta ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ kosakata baru yak? Hahahaha. Nek ngendok beda lagi, wkwk.
      Leres, dalem menika tiyang Jawi.

      Delete
  8. lama nggak mampirrrr yaampun mba ajenngggg <3 <3 udah fit lagi kah??

    itu kopi jambonnya lucuk ya gemes pink pink gitu hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agyyyyyyyy, kangeeen lama bett nggak ketemu. Alhamdulillah udah fit lagi Gy, udah bisa badminton, haha.

      Endess Gy, kopi jambonnya rasanya juga unik, wajib coba kalo main ke Rumah Lama πŸ˜‰

      Delete