Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

ART JOG 2015

Wednesday, July 15, 2015 Ajengmas Restia 0 Comments Category : , ,

Di bulan Juli lalu, akhirnyaaaaa! Akhirnya bisa menghadiri perhelatan seni yang selalu ditunggu-tunggu oleh warga Jogja setiap tahunnya, Art Jog dengan tema Fluxus mix infinity.


Meskipun baru bisa hadir di detik-detik terakhir dan saya cuma dateng berdua doang, tapi kali ini rasanya jauh lebih seru dibanding tahun lalu. Begitu banyak hal menyenangkan sekaligus bodoh yang terjadi. Yeaaa, dikala banyaknya kabar duka di kerjaan yang berseliweran beberapa hari ini, perjalanan hari itu cukup menghibur kami berdua.

2 hal yang paling berbeda di Art Jog 2015 dibanding dengan tahun sebelumnya adalah :
  1. Harga tiket >> Naiknya berkali-kali lipat pake banget :D Tiket Art Jog kali ini seharga Rp 50.000,- (Umum) Rp 25.000,- (Mahasiswa) lalu untuk pelajar & anak-anak lebih murah lagi, tapi lupa juga berapa (belum berkeluarga juga sih yaa, jadinya nggak fokus) haha.
  2. Karya seni yang interaktif >> Yap, karya seni yang ditampilkan kali ini jauh lebih interaktif. Pengunjung bisa berpartisipasi untuk ikut "main-main" di karya seninya para seniman. Karena banyak karya seni yang memang baru bisa dinikmati saat pengunjung ikut berpartisipasi.

Nggak semua momen bisa ter-capture oleh kamera saya, dikarenakan keterbatasan gadget & keterbatasan skill, alhasil hanya momen-momen dibawah ini saja yang bisa saya bagikan :

Wish Tree

Pas pembelian tiket, pengunjung akan dikasi selembar kertas yang nantinya bisa digantung di wish tree. Yaaah, buat seru-seruan aja, saya ikutan nulis & nggantungin di pohon permohonan karya Yoko Ono yang fenomenal itu.

Ala Cafe

Menyediakan menu tuna sandwich, ice cream, minuman strawberry, dll. Tempat jajanan satu-satunya tersedia di dalam Art Jog ini menyediakan tempat makan yang cukup unik. Ada 2 meja yang hanya bisa digunakan oleh 2 orang secara berhadap-hadapan. Nah, kalau pengen bisa ngeliat teman ngobrol & teman makan kita, cara komunikasinya lewat kamera :D Sebenernya sih, ini menyindir perubahan sosial di lingkungan kita, terkadang, kita lebih memilih berkomunikasi lewat perantara gadget dibanding berinteraksi langsung sama lawan bicara kita, hmmmm.


Sembahyang

Berbentuk semacam warung dari kayu. Didalamnya ada hiasan pigura dinding dari kaca, selembar kertas buram, dan ada 2 buah karpet hijau bertuliskan "I am exist but I am not" dan "I am not exist but I am". Karya seni ini menyindir soal "melihat keimanan seseorang". Seringkali kita hanya berkutat & peduli dengan hal-hal fisik yang bisa terlihat oleh orang lain dan melupakan apa yang seharusnya ada di dalam hati.


Oiya, pengunjung diperbolehkan untuk melakukan sembahyang di dalam situ. Untuk yang beragama islam, posisi karya seni itu sudah menghadap kiblat, udah mapan. Tapi, pas saya amati, di arah kiblat ada selembar kertas yang kalau difoto dari kejauhan mirip sama uang dolar :D hahahaha. Okay, maksudnya apa ya? Mungkin ingin menyampaikan bahwa kiblat hidup manusia banyak yang secara nggak sadar hanya berkiblat pada hal-hal materi. Mungkin.


Eh tunggu dulu, aslinya kertas selembar yang mirip sama uang dolar itu, begitu didekati ternyata gambarnya amat sangat blur! So, pada kenyataannya, nggak bisa juga sih yaa dibilang itu gambar uang dolar? :p

2 karya di bawah ini yang paling menarik perhatian saya :

Infinity
Call me and you'll be shock
Di bawah ini beberapa karya keren lain yang berhasil saya abadikan :


Daaaaan, saya minta maaf buat seniman yang membuat karya seni ini. Saking merasa sangat amaziiiing melihat hasil 3000 sketsa wajah yang disuguhkan dengan cara artistik. Saya sampai lupa mencatat siapa nama senimannya, padahal saya gunakan buat background blog saya ini :( Sungguh, maafkan saya.


Jalan-jalan kali ini banyak diisi hal-hal menyenangkan! Menyenangkan sekaligus rada stupid sih :D Rasanya itu biar jadi kenangan indah kami berdua *wkwkwkwkwkwwk* Momon abis ini geleng-geleng kepala pasti.

Perjalanan menyenangkan ditutup dengan mengenyangkan. Kami mampir ke Angkringan favorit di daerah alun-alun kidul. Namanya Angkringan Kang Harjo. Nasi kucing + es tape susu, aaah :")


RELATED POSTS

0 comments